Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor Buruk

Indonesia cuma pernah menang sekali lawan tim Amerika Latin

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akhirnya berjumpa lagi dengan tim Amerika Selatan. Tak main-main, lawan mereka nantinya adalah juara Piala Dunia 2022, Argentina, dan akan berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 Juni 2023.

Indonesia lawan kedua Argentina dalam jeda internasional bulan depan. Sebelumnya, mereka akan menghadapi Australia pada 15 Juni 2023.

Jelang duel ini, Indonesia sebenarnya dihantui rekor buruk melawan tim Amerika Selatan. Dalam beberapa kesempatan, Indonesia cuma bisa menang sekali.

1. Pertemuan pertama terjadi pada 1974

Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor BurukFIFA

Pertemuan pertama tim Indonesia lawan tim Amerika Selatan terjadi pada 19 April 1974 silam. Saat itu, skuad Indonesia bersua Uruguay yang tengah melakukan tur Asia Pasifik, bagian dari persiapan Piala Dunia 1974.

Bermain di SUGBK, Indonesia secara mengejutkan menang 2-1. Dua gol dari Anjas Asmara dan Abdul Kadir hanya mampu dibalas sekali oleh Uruguay via Juan Silva.

Setelah kekalahan itu, Uruguay minta laga diulang. Akhirnya, pada 21 April 1974, Uruguay dan Indonesia kembali bentrok. Kali ini, Uruguay menang 3-2 atas Indonesia.

Baca Juga: Argentina Resmi Umumkan Kedatangan ke Indonesia

2. Sempat juga bertemu Paraguay

Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor BurukTimnas Prancis melawan Timnas Paraguay di Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Pada 1986, Indonesia kembali bersua tim Amerika Latin. Kali ini, giliran Paraguay yang mereka hadapi, yakni 16 Februari 1986. Laga ini juga jadi bagian persiapan Pasukan Garuda jelang Asian Games 1986.

Bermain di SUGBK, Indonesia kalah 2-3 dari Paraguay. Sempat menyamakan skor lewat aksi Rusion dan Ricky Yacobi, usai tertinggal lewat gol Ramon Hicks dan Cesar Zabala, Indonesia akhirnya kalah usai Paraguay cetak gol kemenangan melalui Adolfino Canete.

Pertemuan terakhir Indonesia lawan tim Amerika Selatan terjadi pada 2010. Uruguay kembali jadi lawannya. Berlaga di SUGBK, Indonesia kalah telak, 1-7 dari Uruguay, yang datang sebagai peringkat empat Piala Dunia 2010. Mereka diperkuat Luis Suarez dan Edinson Cavani kala itu.

3. Indonesia akan bersua Argentina

Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor BurukLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Kini, ada Argentina yang akan jadi lawan Indonesia. Albiceleste datang ke Tanah Air dengan statusnya sebagai juara dunia. Alhasil, laga ini begitu dinantikan.

Apalagi, beredar kabar juga Lionel Messi akan datang bersama dengan skuad Argentina yang lain ke Indonesia. Kehadirannya tentu akan jadi magnet tersendiri, dan akan jadi pertemuan bersejarah lain Merah Putih lawan tim Amerika Latin.

Baca Juga: Argentina Lawan Indonesia, Lionel Messi Diprediksi Datang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya