Lisandro Martinez, Si Bek Pendek yang Bakal Cocok di MU

Martinez beri penyegaran di MU

Jakarta, IDN Times - Lisandro Martinez tiba-tiba jadi sorotan di musim panas 2022. Sebabnya, bek asal Argentina ini rupanya ditebus oleh Manchester United (MU) dari Ajax Amsterdam dengan mahar yang mahal, yakni 64 juta euro (setara Rp974,7 miliar).

Martinez jadi rekrutan ketiga MU di bawah asuhan Erik ten Hag. Sebelumnya, United sudah mendaratkan Tyrell Malacia dari Feyenoord, serta Christian Eriksen yang didatangkan secara gratis dari Brentford.

Sejatinya, seperti apa kekuatan dari Martinez ini?

1. Pernah punya cerita tidak enak di Argentina

Lisandro Martinez, Si Bek Pendek yang Bakal Cocok di MULisandro Martinez (instagram.com/lisandromartinezzz)

Sebelum berkarier di Eropa, Martinez ternyata memiliki cerita kurang mengenakkan di Argentina. Saat membela Newell's Old Boys, Martinez yang notabene hanya memiliki tinggi sekitar 175 cm ini sempat ditepikan oleh pelatih.

Selama bermain untuk Old Boys, Martinez hanya mencatatkan satu penampilan saja. Dia pun mengenang kejadian itu sebagai salah satu titik bangkitnya dalam karier sepak bola profesionalnya.

"Juan Manuel Llop (pelatih Old Boys kala itu) tampak tidak menyukai gaya saya dalam bermain. Dia ingin sesuatu dari bek tengah timnya, dan itu adalah tinggi badan. Saya pun tidak masuk kriteritanya karena tidak memiliki itu," kenang Martinez, dilansir Marca.

Baca Juga: Aroma Ajax di Manchester United Kian Kuat

2. Martinez akhirnya menunjukkan nilai lebih di Ajax

Lisandro Martinez, Si Bek Pendek yang Bakal Cocok di MULisandro Martinez ketika memperkuat Ajax Amsterdam di Liga Belanda. (instagram.com/lisandromartinezzz)

Setelah meninggalkan Old Boys, Martinez pun membela klub Argentina lain, yaitu Defensa y Justicia. Dari situ, Martinez membuka peluangnya bermain di Eropa dengan menerima pinangan Ajax, tepatnya pada 2019 silam.

Nah, bersama Ajax, Martinez sukses membuktikan diri sebagai bek tengah pendek yang tangguh. Bukti dari kemampuan Martinez ini tampak musim lalu. Berdasarkan catatan Opta, torehan aksi bertahan Martinez luar biasa di Eredivisie.

Total, Martinez mencatatkan persentase keberhasilan duel udara sebanyak 70,2 persen musim lalu, terbanyak di antara pemain Eredivisie yang lain. Dia juga andal dalam membagi bola, dengan rataan umpan sukses per laga sebanyak 82,3 kali.

Menilik kemampuannya ini, Martinez bisa jadi sosok penyegar di lini pertahanan MU, yang memang begitu sulit menemukan pemain tangguh di posisi bek tengah. Musim lalu, masalah pertahanan memang jadi salah satu problem tersendiri bagi MU.

Raphael Varane absen hampir selama setengah musim lantaran cedera. Eric Bailly kerap bermasalah dalam hal kebugaran, belum lagi Phil Jones dan Harry Maguire yang kerap jadi bulan-bulanan fans. Victor Lindeloef juga tidak konsisten.

Hadirnya Martinez, yang andal berduel dan mengalirkan bola, bakal memberi warna baru di lini pertahanan MU. Dia juga akan cocok dengan skema Ten Hag, yang memang mengandalkan aliran bola cepat dan juga distribusi bola mumpuni.

3. Tekanan bagi Lisandro Martinez

Lisandro Martinez, Si Bek Pendek yang Bakal Cocok di MULisandro Martinez (twitter.com/southern_dale)

Meski diprediksi bisa membawa penyegaran, MU tetap kudu waspada dengan kehadiran Martinez ini. Harga mahal yang dibebankan pada Martinez dapat jadi beban tersendiri, apalagi ketika dia kedapatan tampil di bawah performa.

Belum lagi, Lisandro Martinez juga harus beradaptasi dengan kerasnya Premier League, yang tentunya beda dengan Eredivisie. Di sinilah, peran Ten Hag sebagai manajer dalam membantu Martinez akan jadi kunci. Jika itu terjadi, MU akan punya pertahanan kuat.

Baca Juga: Lisandro Martinez ke MU, Ditebus Rp825 Miliar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya