Manchester United yang Sudah Biasa Jadi Runner-up di Piala FA

MU rutin jadi runner-up di Piala FA

Jakarta, IDN Times - Manchester United (MU) gagal menambah koleksi trofi mereka musim ini. Bersua Manchester City di final Piala FA 2022/23, Sabtu (3/6/2023) malam, MU kalah dengan skor 1-2.

Di laga ini, MU kalah telak dari Manchester City. Secara jumlah tembakan, MU lebih unggul, tetapi City unggul dari segi penguasaan bola dan juga tembakan mengarah ke gawang. Mereka mendominasi MU.

Tak pelak, kekalahan ini membuat MU gagal menghentikan semangat treble City. Dari hasil ini juga ada sebuah catatan buruk yang harus mereka terima.

Baca Juga: Manchester United dan Real Madrid, 2 Tim yang Dikalahkan Pep Guardiola

1. MU kalah sembilan kali di final Piala FA

Manchester United yang Sudah Biasa Jadi Runner-up di Piala FAMU kalah di tangan Newcastle dalam ajang Premier League. (ANTARA FOTO/Reuters-Lee Smith)

Kekalahan dari City ini, jadi kekalahan kesembilan MU sepanjang sejarah final Piala FA. Squawka mencatat, kekalahan ini jadi kekalahan terbanyak satu tim di laga final sepanjang sejarah Piala FA.

Berarti, dari total 21 final yang dilakoni MU di ajang Piala FA, 9 di antaranya berakhir dengan kekalahan. Mereka unggul dari Everton dan Chelsea yang kalah dua kali serta Arsenal dan Liverpool yang kalah tujuh kali di final.

Baca Juga: 5 Klub Tersering Bersua Manchester United di Piala FA, Siapa Saja?

2. Raihan Piala FA MU tetap banyak

Manchester United yang Sudah Biasa Jadi Runner-up di Piala FAManchester United saat menghadapi Everton pada pekan ke-30 EPL 2022/2023. (instagram.com/manchesterunited)

Kendati sudah kalah sembilan kali di final, raihan trofi Piala FA milik MU masih layak diperhitungkan. Total, mereka sudah meraih 12 trofi Piala FA, berselisih dua trofi dari Arsenal yang menjadi peraih trofi Piala FA terbanyak.

MU mengungguli Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur yang mendapatkan 8 trofi, bahkan unggul juga dari City dan Aston Villa yang baru dapat 6 trofi. Setidaknya, meski kalah, masih ada catatan yang bisa mereka banggakan.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Manchester City saat Juara Piala FA 2022/2023

3. MU sering kalah di tangan Guardiola

Manchester United yang Sudah Biasa Jadi Runner-up di Piala FAPotret Pep Guardiola saat menghadapi Real Madrid, Rabu (10/5/2023). (uefa.com).

Terlepas dari itu, kekalahan ini juga menandakan inferioritas MU setiap kali bersua Pep Guardiola. Total, klub berjuluk 'Setan Merah' itu sudah kalah 13 kali dari Guardiola di semua ajang.

MU menyamai catatan 13 kekalahan Real Madrid di tangan Pep Guardiola, usai tumbang di final Piala FA lawan Manchester City ini. Ternyata, memang saat ini City bisa disebut sebagai penguasa Manchester ketimbang 'Setan Merah'.

Baca Juga: Bungkam MU, Manchester City Berjaya di Piala FA

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya