Marselino Ferdinan Datang, tapi Belum Ikut Latihan Timnas U-22

Marselino masih istirahat, tapi sudah gabung Timnas U-22

Jakarta, IDN Times - Jelang keberangkatan ke SEA Gamea 2023, skuad Timnas U-22 sudah lengkap. Dua pemain dari luar negeri, yakni Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan, telah bergabung dengan tim.

Berbeda dengan Arhan yang langsung ikut berlatih dengan tim, lain hal dengan Marselino. Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri, menyebut sang pemain masih istirahat dan belum ikut berlatih.

"Semua pemain sudah hadir di Jakarta, persiapan juga cukup bagus, tetapu Marselino lagi beristirahat dulu," ujar Indra di Jakarta, Senin (24/4/2023).

1. Indra tak masalah Marselino telat gabung

Marselino Ferdinan Datang, tapi Belum Ikut Latihan Timnas U-22Timnas U-22 lawan Lebanon. (Dok. PSSI)

Indra mengaku, dia tidak masalah Marselino telat bergabung ke dalam skuad. Apalagi, Marselino juga pulang dengan kondisi baik, usai mencetak gol bersama KMSK Deinze dan main reguler di sana.

"Tidak masalah (Marselino telat datang). Ini sudah berulang-ulang saya sampaikan. Kalau dia bermain reguler di klubnya, kenapa tidak (bergabung dengan tim)?" ujar Indra.

Baca Juga: Cetak Gol Debut, Marselino Ferdinan Tuai Pujian Pelatih Deinze

2. Indra pilih pemain berdasarkan kualitas

Marselino Ferdinan Datang, tapi Belum Ikut Latihan Timnas U-22Skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 Kamboja akhirnya diumumkan (IDN Times / Sandy Firdaus)

Kasus yang dialami Marselino ini merupakan bukti bahwa Indra memang memanggil pemain berdasarkan kualitas. Ikut pemusatan latihan (TC), tak jadi jaminan bagi seorang pemain bergabung ke timnas.

"Saya bilang ke pemain, mulai mengubah mindset bahwa ikut TC bukan jaminan dia terpilih. Tapi kualitas mereka, itu bisa diperlihatkan di TC maupun klub. Itu pemain pemain yang akan dipanggil Timnas Indonesia, itu yang terbaik," ujar Indra.

3. Marselino berkesempatan jadi pemain inti

Marselino Ferdinan Datang, tapi Belum Ikut Latihan Timnas U-22Selebrasi Marselino Ferdinan usai cetak gol ke gawang Vietnam, Minggu (18/9/2022). (dok. PSSI).

Indra berkata, Marselino dan 19 pemain yang dia bawa ke SEA Games 2023 berpeluang jadi pemain inti. Dengan skuad yang ramping, rotasi pemain inti di setiap laga terbuka lebar.

"Kita (Timnas U-22) akan melakoni enam pertandingan dan enam laga itulah yg akan dilakukan rotasi untuk menentukan yang paling tepat siapa melawan siapa. Semua, termasuk Marselino, punya kesempatan yang sama," kata Indra.

Baca Juga: Pemain Timnas U-22 Bikin Erick Thohir Terharu, Apa Sebabnya?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya