Merchandise Piala Dunia U-17 Diproduksi UMKM, Geliatkan Ekonomi Rakyat

Kualitas merchandise dipastikan terjaga

Jakarta, IDN Times - Apparel asal Indonesia, Juaraga, dipercaya menjadi penyedia suvenir Piala Dunia U-17 2023. Semua suvenir yang dijual berasal dari 95 persen bahan baku yang dibuat di Indonesia, melibatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat luas pada awal November 2023. Suvenir yang terdiri dari T-Shirt, jersey, jaket, topi, sandal, dan lain-lain, dibanderol mulai dari Rp75 ribu hingga Rp899 ribu.

"Kami melibatkan UMKM dalam urusan produksi merchandise dan mengontrolnya secara langsung. Kualitas produk jadi hal terpenting buat kami, karena FIFA punya standar tinggi soal itu," ujar CEO Juaraga, Mochtar Sarman, dalam keterangan resmi.

1. Ingin cendera mata yang tahan lama dan berkesan

Merchandise Piala Dunia U-17 Diproduksi UMKM, Geliatkan Ekonomi RakyatMerchandise Piala Dunia U-17 2023 sudah diproduksi. (Dok. PSSI)

Mochtar mengaku, ingin membuat cendera mata yang meninggalkan kesan positif dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apalagi, merchandise Piala Dunia U-17 2023 nanti tak cuma dibeli masyarakat Indonesia, tapi juga wisatawan asing.

"Ketersediaan stok kami perhatikan benar. Proses produksi sedang berlangsung, pada akhir Oktober 2023, kami berharap semua barang sudah ready buat dipasarkan. Pada awal November barang-barang produksi kami sudah bisa dibeli khalayak luas," kata Mochtar.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Berangkat ke Irak 13 November

2. Juaraga buka tempat penjualan di venue

Merchandise Piala Dunia U-17 Diproduksi UMKM, Geliatkan Ekonomi RakyatMerchandise Piala Dunia U-17 2023 sudah diproduksi. (Dok. PSSI)

Juaraga berkolaborasi dengan Local Organizer Committee (LOC) Piala Dunia U-17 untuk memasarkan pernak-pernik turnamen. Nantinya, merchandise tidak hanya dijual di outlet Juaraga (FX, Sarinah, dan 18 toko Electronic City).

Nantinya, Juaraga juga akan membuka tempat penjuialan di area stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Secara khusus akan ada outlet khusus merchandise di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Manahan (Solo).

"Kolaborasi dengan Juaraga yang menjadi partner resmi FIFA dalam urusan merchandise kami harapkan bisa menghidupkan geliat perekonomian rakyat, mengingat barang produksi mereka berasal dari banyak UMKM," tutur Marsal Masita, Head of Marketing LOC Piala Dunia U-17 2023.

3. Jadi kebanggaan bagi Juaraga

Merchandise Piala Dunia U-17 Diproduksi UMKM, Geliatkan Ekonomi RakyatMerchandise Piala Dunia U-17 2023 sudah diproduksi. (Dok. PSSI)

Mochtar mengaku bangga Juaraga bisa terlibat dalam Piala Dunia U-17 2023, yang merupakan event sepak bola level elite pertama Indonesia. Dia pun memastikan, Juaraga akan menjaga kualitas dari merchandise yang diproduksi.

"Sebuah kebanggaan buat kami bisa terlibat dalam Piala Dunia U-17 2023. Bersama PSSI kami berharap event ini bisa terselenggara dengan lancar tanpa hambatan. Indonesia akan dikenang sebagai negara yang sukses sebagai tuan rumah," papar Mochtar.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya