Pengamat Petakan Peluang Timnas U-17 di Piala Dunia U-17

Bisakah Timnas U-17 lolos fase gugur?

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo, memetakan peluang Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dia melihat, skuad Merah-Putih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Kesit melihat, kans Indonesia untuk lolos hadir seiring dengan adanya ketentuan peringkat tiga terbaik. Dari situ, skuad Timnas U-17 bisa mengambil kesempatan untuk lolos ke fase gugur, meski tidak menjadi juara atau runner-up grup.

"Untuk lolos ke babak 16 besar kalau kita tidak bisa runner-up masih ada posisi tiga terbaik, dan itu ada empat tim, dan siapa tahu kita bisa memanfaatkan itu dengan merebut satu tiket lolos ke babak 16 besar," ujar Kesit.

1. Ekuador dan Maroko bisa jadi pesaing terberat

Pengamat Petakan Peluang Timnas U-17 di Piala Dunia U-17Potret Timnas Ekuador U-17. (goal.com)

Kesit melihat, dari tiga lawan Timnas U-17 di fase grup, Ekuador dan Maroko jadi pesaing terberat bagi skuad Garuda Asia. Sedangkan Panama, mereka jadi lawan yang setidaknya bisa diatasi oleh Iqbal Gwijangge dan kolega.

"Peluang untuk beradu dengan Panama cukup terbuka dibandingkan dengan Ekuador dan Maroko. Tapi siapa tahu kita bisa menahan Maroko dan memetik angka dari Panama, kita bisa mencuri satu tempat dari tiga terbaik, syukur bisa runner-up," kata Kesit.

Baca Juga: Eri Targetkan 20 Ribu Merchandise Piala Dunia Ludes Terjual

2. Tetap enjoy dan jangan sampai terbebani

Pengamat Petakan Peluang Timnas U-17 di Piala Dunia U-17Timnas U-17 lawan Koln. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Kesit meminta para pemain Timnas U-17 untuk menikmati setiap laga di Piala Dunia U-17 2023. Terlepas dari target yang ada, dia ingin agar masyarakat tidak terlalu membebani Timnas U-17 dengan ekspektasi yang berlebih.

"Saya harap masyarakat tidak memberikan beban terlalu tinggi (kepada Timnas U-17). Kita juga harus realistis juga, karena lawan yang dihadapi tidak mudah juga dan ini panggung perdana juga buat mereka," kata Kesit.

3. Perjalanan Timnas U-17 dimulai lawan Ekuador

Pengamat Petakan Peluang Timnas U-17 di Piala Dunia U-17By.U dukung Timnas U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Timnas U-17 akan memulai pertarungan mereka di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November 2023. Bertempat di Gelora Bung Tomo, Surabaya, mereka akan bersua Ekuador.

Selepas melawan Ekuador, Timnas U-17 akan lanjut melawan Panama pada 13 November 2023. Perjalanan mereka di fase grup Piala Dunia U-17 di Surabaya akan tuntas pada 16 November 2023 lawan Maroko.

Baca Juga: Jangan Beri Timnas Ekspektasi Lebih di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya