Piala Presiden: PSSI Tunggu Pemerintah soal Kehadiran Penonton

Akan ada rakor yang membahas soal penonton

Jakarta, IDN Times - Ada satu hal yang patut dinantikan dalam gelaran Piala Presiden 2022 ini, yakni soal kehadiran penonton. Setelah sekian lama menggelar laga dengan stadion yang kosong, penonton akhirnya bisa hadir kembali.

Terkait penonton, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan beberapa pihak terkait. Dalam waktu dekat, kabarnya Kemenpora akan mengadakan rapat koordinasi soal penonton di Piala Presiden 2022.

"Kami izin ketetapan dari pemerintah berkaitan dengan penonton, kami akan menyesuaikan dengan arahan pemerintah. Kami juga sia berkoordinasi dengan pihak keamanan," ujar Iriawan dalam siaran YouTube di PSSI TV, Senin (6/6/2022).

1. Soal persentase penonton, PSSI akan patuhi putusan pemerintah

Piala Presiden: PSSI Tunggu Pemerintah soal Kehadiran PenontonSumber Gambar: persebaya.co.id

Untuk persentase penonton di Piala Presiden 2022 nanti, Iriawan mengaku PSSI akan mematuhi keputusan pemerintah. Jika penonton yang hadir hanya diizinkan 75 persen, aturan itu yang akan ditetapkan oleh federasi.

"Kalau harus 75 persen, ya diikuti. Kalau 50 persen, sama juga. Oleh sebab itu, untuk suporter akan kami matangkan. Namun, meski ada suporter kemarin juga aman. Laga persahabatan di Malang, Jakarta, semua aman," ujar Iriawan.

Baca Juga: [BREAKING] Resmi! Piala Presiden 2022 Jadi Nama Turnamen Pramusim

2. Gelar rakor untuk membahas kehadiran suporter

Piala Presiden: PSSI Tunggu Pemerintah soal Kehadiran PenontonKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) berbincang dengan Menpora Zainudin Amali (kedua kiri), Chairman RANS Cilegon FC Raffi Ahmad (kedua kanan) dan Direktur Utama Persis Solo Kaesang Pangarep (kanan) saat berlangsungnya Kongres PSSI 2021 di Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres tersebut membahas persiapan timnas Indonesia, Liga Indonesia, perubahan nama klub serta pengesahan anggota baru. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengungkapkan akan ada rapat koordinasi untuk mengatur kehadiran penonton di Piala Presiden 2022. Rapat ini nantinya akan diikuti Satgas COVID-19 dan Polri.

"Ketum PSSI menyampaikan apakah sudah ada penonton atau tidak. Penonton sudah pasti ada, cuma berapa persennya, itu harus koordinasi dengan Polri dan Satgas COVID-19, karena ini PPKM belum level nol. Nanti akan ada rapat koordinasinya," ujar Zainudin.

3. Kehadiran penonton sudah dicoba musim lalu

Piala Presiden: PSSI Tunggu Pemerintah soal Kehadiran PenontonUji coba penonton Liga 2 di Stadion Pakansari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sejatinya, uji coba kehadiran penonton sudah dilangsungkan PSSI dan PT LIB. Uji coba ini dihelat dalam gelaran delapan besar Liga 2 2021 silam. Ketika itu, kontestan delapan besar Liga 2 dipersilakan membawa penonton ke stadion.

"Sebetulnya, soal penonton sudah diuji coba musim lalu di Liga 2, Insya Allah semua akan kami perbaiki dan perbarui. Jelasnya, kami menunggu rakor dan akan ikuti aturan yang ada. Kami sudah siap 100 persen di Piala Presiden 2022," ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya