PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JIS

Venue eks Piala Dunia U-20 jadi prioritas

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, federasi sudah mengajukan beberapa stadion sebagai venue untuk Piala Dunia U-17 2023. Ada delapan stadion yang diajukan, termasuk Jakarta International Stadium (JIS).

Kedelapan stadion ini kebanyakan merupakan eks venue yang diajukan PSSI untuk jadi venue Piala Dunia U-20 2023. Alhasil, rata-rata semua sudah lolos verifikasi dari FIFA, plus nanti dua stadion tambahan yang akan diajukan, termasuk JIS.

"Kami sudah memiliki enam lapangan yang sebelumnya sudah lolos kualifikasi, dan kami tambahkan dua lagi. Kami sudah tahu mana yang ditambahkan. Sudah ada dua stadion, salah satunya yaitu JIS, dan yang satunya berlokasi di dekat Jakarta,” ujar Erick di Kemenpora, Jumat (7/7/2023).

1. Enam stadion eks Piala Dunia U-20 jadi prioritas

PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JISANTARA FOTO/Maulana Surya

Erick berujar, prioritas venue yang akan diajukan PSSI adalah enam venue yang sempat diajukan untuk Piala Dunia U-20 2023. Namun, semua akan bergantung pada inspeksi FIFA nantinya.

"Kami memprioritaskan stadion yang sebelumnya telah lolos seleksi untuk Piala Dunia U-20. Namun, FIFA tetap akan menyeleksi semua lapangan yang kami ajukan nantinya,” ujar Erick.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

2. PSSI sedang menunggu FIFA datang

PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JISKetum PSSI Erik Thohir dengan Presiden FIFA Giovanni Infantino (instagram.com/erickthohir)

Menyoal jadwal kunjungan FIFA ke Indonesia, Erick berkata bahwa PSSI dalam posisi menunggu. Otoritas sepak bola dunia itu juga bakal melakukan seleksi ulang terhadap venue yang diajukan, termasuk enam stadion Piala Dunia U-20 2023.

"FIFA akan datang ke Indonesia dan mereka akan melakukan seleksi ulang terhadap stadion yang diajukan. Namun kondisi lapangan yang sudah lolos sebelumnya tentu berbeda dengan hari ini. Itu yang kita nanti berikan kepada FIFA," kata Erick.

3. Potensi venue Piala Dunia U-17 2023

PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JISStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Menilik ucapan Erick, enam venue Piala Dunia U-20 berpotensi diajukan lagi. Mereka adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Stadion Jakabaring, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Mengenai dua venue tambahan yang akan diajukan untuk Piala Dunia U-17 2023, selain JIS, ada beberapa stadion di sekitar Jakarta yang jadi pertimbangan. Mereka adalah Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca Juga: Menteri Basuki Jamin Stadion Indonesia Layak Buat Piala Dunia U-17

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya