PSSI Isyaratkan Piala Dunia U-17 Hanya di Tanah Jawa

PSSI mengonfirmasi ucapan Menpora

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengisyaratkan gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di Pulau Jawa saja. Itu tak lepas dari usulan yang mereka berikan ke FIFA, soal calon venue untuk ajang tersebut.

Erick menjelaskan, PSSI mengusulkan Piala Dunia U-17 2023 digelar di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Tak ada nama Bali dan Palembang, yang sempat masuk calon venue Piala Dunia U-20 2023.

"Dari hasil diskusi dengan FIFA, kami coba mengajukan nanti di Jakarta ada dua grup yang main, sama halnya dengan Bandung. Kemudian, kita tahu semifinal dan final di Solo, di Surabaya satu grup. Timnas U-17 main di Jakarta ini sedang kami dorong," ujar Erick.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

1. Tidak ada nama Bali dan Palembang sempat disinggung Menpora

PSSI Isyaratkan Piala Dunia U-17 Hanya di Tanah JawaMenpora Dito resmikan DBL 2023/24. (Dok. Kemenpora)

Ketiadaan nama Bali dan Palembang dalam calon venue Piala Dunia U-17 2023 ini memang sudah dibocorkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dia berkata, PSSI ingin melihat potensi Jawa dulu.

"Kayaknya iya ya (Jakabaring dan Kapten I Wayan Dipta tak dipakai untuk Piala Dunia U-17). Kalau dari penjelasan Ketum PSSI (Erick Thohir) sementara dilihat potensi yang di Jawa dulu, karena melihat U-17 kan dari segi logistik dan transportasinya ya," ujar Dito.

2. Ucapan Menpora diamini Ketum PSSI

PSSI Isyaratkan Piala Dunia U-17 Hanya di Tanah JawaKetum PSSI, Erick Thohir bersama Waketum PSSI, Zainudin Amali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Apa yang disampaikan oleh Dito ini diamini oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Mengenai potensi terpusatnya Piala Dunia U-17 2023 di Jawa, hal itu berkaitan dengan berbagai aspek persiapan dan pendanaan, termasuk logistik.

"Kenapa hanya fokus di Jawa saja? Karena saat ini kita melihat konsekuensi persiapan yang tinggal 100 hari lagi. Ada logistik, persiapan venue, dan lain-lain. Pendanaan juga harus lebih efisien dengan sisa waktu 100 hari ini," ujar Erick.

3. Venue akan ditentukan pada 26 Agustus

PSSI Isyaratkan Piala Dunia U-17 Hanya di Tanah JawaKondisi terkini Stadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Erick mengatakan, Pada 26 Agustus 2023 nanti, FIFA akan kembali ke Indonesia. Di momen itulah, otoritas sepak bola dunia itu akan menentukan venue-venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Pada 26 Agustus 2023 nanti, FIFA akan datang ke Indonesia lagi dengan tim yang lebih besar, sekitar 15 sampai 20 orang, dan ini memastikan final (untuk venue Piala Dunia U-17 2023)," ujar Erick.

Baca Juga: Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBK

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya