PSSI Pelajari CV Dirtek Asal Jerman, Pengganti Indra Sjafri

Indra Sjafri fokus menangani Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - PSSI saat ini tengah bergerilya mencari direktur teknik baru, pengganti Indra Sjafri. Pelatih asal Padang itu sudah dipastikan bakal menjadi juru taktik Timnas U-23 Indonesia.

Salah satu kandidat yang tengah dipelajari berasal dari Jerman.

"Untuk dari Jerman, kita sedang lihat CV untuk direktur teknik. Jadi semua kita bikin fair dan transparan. Kita ingin membangun tadi, tradisi yang profesional dan transparan," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Hotel Fairmont, Jumat (26/5/2023).

1. Pembicaraan sudah dilakukan dengan DFB

PSSI Pelajari CV Dirtek Asal Jerman, Pengganti Indra SjafriKetua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Erick berkata, PSSI sudah melakukan pembicaraan juga dengan otoritas sepak bola Jerman, DFB. Dia menegaskan, direktur teknik pengganti Indra nantinya harus independen, karena menopang pelatih timnas.

"Karena kita mempunyai dua coach yang hebat, direktur tekniknya harus independen. Karena itu salah satu pilihannya memang kita sedang coba akan rapat dengan Liga Jerman, dengan PSSI-nya Jerman (DFB)," kata Erick.

Baca Juga: Akira Nishino Dirumorkan Jadi Direktur Teknik PSSI

2. PSSI sudah jalin kerja sama dengan JFA

PSSI Pelajari CV Dirtek Asal Jerman, Pengganti Indra SjafriKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan di SUGBK, Jumat (19/5/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Sebelumnya, PSSI sendiri baru resmi menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Ada empat poin utama yang tercantum dalam kerja sama ini, dan beberapa di antaranya menyinggung training centre dan soal pembenahan wasit.

Peresmian kerja sama ini dilakukan di Jepang pada Senin, 22 Mei 2023. PSSI diwakili Ketua Umum Erick Thohir, sedangkan dari JFA diwakili oleh Presiden JFA, Tashima Kozo. Ada empat poin kerja sama antara PSSI dan JFA.

3. Indra Sjafri fokus di Timnas U-23

PSSI Pelajari CV Dirtek Asal Jerman, Pengganti Indra SjafriIndra Sjafri, pelatih Timnas U-22. (IDN Times/Sandy Firdaus)

PSSI mencari direktur teknik baru, setelah Indra Sjafri ditugaskan untuk fokus menangani Timnas U-23 Indonesia. Apalagi, eks pelatih Bali United tersebut telah sukses mengantarkan Timnas U-22 meraih emas SEA Games 2023.

Ke depan, Indra Sjafri dihadapkan pada beberapa agenda berat. Ada tiga ajang yang harus dilakoni, yakni Kualifikasi Piala Asia U-23, Asian Games 2022, dan Piala AFF U-23. Tak pelak, PSSI memerintahkannya untuk fokus.

Baca Juga: PSSI Mau Cari Dirtek Asing, Indra Sjafri Lanjut Latih Timnas U-22

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya