PSSI Sebut Persiapan Piala AFF U-23 Menunggu Restu Klub

PSSI sudah kantongi nama pemain untuk Piala AFF U-23

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat, Timnas U-23 Indonesia sudah dinanti ajang lain. Ya, pada pertengahan hingga akhir Agustus 2023, skuad Garuda Muda bakal melakoni ajang Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Namun, hingga awal Agustus 2023 ini, persiapan menuju ajang ini belum terdengar genderangnya. Tak ada pemusatan latihan (TC) yang dilakukan, plus PSSI belum mengumumkan nama-nama pemain yang masuk dalam skuad.

Mengenai hal itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara. Dia berkata, persiapan menuju ajang ini tinggal menanti satu hal, yakni restu dari klub.

1. Shin Tae Yong sudah kantongi nama pemain

PSSI Sebut Persiapan Piala AFF U-23 Menunggu Restu KlubPelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae Yong (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Erick mengaku, Shin Tae Yong selaku pelatih Timnas U-23 sudah mengantongi nama-nama pemain yang akan dia andalkan di ajang tersebut. Namun, sekarang semua tergantung izin klub, apakah pemain yang bersangkutan bisa dilepas atau tidak.

"Coach Shin Tae Yong juga sudah tahu siapa pemain yang dipanggil dan tinggal izin ke klub. Izin yang dilepas dan tidak dilepas itu oleh klub," ujar Erick dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno (GBK), Rabu, 2 Agustus 2023.

Baca Juga: Ada AFF U-23 dan Asian Games, Liga 1 2023/24 Jalan Terus

2. PSSI berusaha tidak memojokkan klub

Mengenai persiapan Piala AFF U-23 ini, Erick mengaku PSSI sebisa mungkin tak mau memojokkan klub. Dia hanya ingin ada saling pengertian antar klub dan juga federasi soal TC Timnas U-23 nantinya.

"Itu (TC Timnas U-23) akan jadi negosiasi antara klub dan Timnas. Tapi saya tak mau memojokkan klub. Intinya klub harus komitmen dengan kalender yang sudah disepakati. Misal untuk AFF dan Asian Games, kita kompromi," kata Erick.

3. Indonesia tak patok target muluk-muluk

PSSI Sebut Persiapan Piala AFF U-23 Menunggu Restu KlubTimnas U-22 lawan Timor Leste di SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Berdasarkan situasi ini, Erick mengaku Indonesia tak mematok target muluk-muluk di Piala AFF U-23. Yang terpenting, dia ingin para pemain muda Indonesia banyak mendapatkan jam terbang di laga-laga internasional.

"Saya tak mau menekan pelatih. Saya ingin mereka mempersiapkan tim dengan baik, entah itu Coach Bima, Indra, dan Shin. Khusus Bima ada pendamping dan diharapkan bisa jadi jangka panjang," kata Erick.

Piala AFF U-23 2023 ini rencananya digelar di Thailand pada 17 hingga 26 Agustus 2023. Timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia.

Baca Juga: Undian Piala AFF U-23 2023, Indonesia Segrup dengan Malaysia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya