Comscore Tracker

Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?

Akankah Liga 1 dan Liga 2 ditunda lagi?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah berencana untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama enam pekan. Skenario ini pastinya dapat memberikan pengaruh besar bagi kompetisi olahraga Indonesia, termasuk Liga 1 dan Liga 2.

Rencana awal, Liga 1 dan Liga 2 2021/22 akan dihelat pada 9 Juli lalu. Namun, seiring melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memutuskan untuk menunda kompetisi sampai akhir Juli 2021.

Kini, dengan munculnya wacana perpanjangan PPKM sampai enam pekan ke depan, bagaimana sikap dari LIB selaku operator kompetisi?

Baca Juga: Kick-Off Liga 1 dan Liga 2 2021/22 Direncanakan Antara 23 atau 30 Juli

1. LIB akan bertemu dengan stakeholder terkait

Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?Direktur Operasional PT LIB Sudjarno bersama jajaran direksi LIB berkunjung ke Kantor Kepatihan. IDN Times/Tunggul Damarjati

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengungkapkan federasi dan LIB akan segera bertemu dengan stakeholder terkait, seperti Satgas COVID-19, BNPB, atau pihak kepolisian, untuk membahas soal kompetisi ini. Mereka juga akan meminta saran kepada pihak-pihak tersebut.

"Kami dari LIB bersama federasi nanti akan komunikasi dengan stakeholder terkait. Kami juga akan susun jadwal baru, berdiskusi, minta arahan, dan lain sebagainya, seperti itu. Intinya, kami perlu diskusi dengan BNPB dan Polri soal ini," ujar Sudjarno kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

2. LIB belum menyiapkan skenario terburuk

Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?Liga-Indonesia.id

Lebih lanjut, Sudjarno menjabarkan LIB belum menyiapkan skenario jika nantinya PPKM benar-benar diterapkan selama enam pekan ke depan. Jika memang itu terjadi, maka ancang-ancang memulai kompetisi pada Agustus 2021 bisa diundur kembali.

"Kami belum tahu kebijakan pemerintah seandainya diperpanjang (PPKM) seperti apa, lalu bagaimana perkembangannya nanti. Itu yang harus kami sikapi sama federasi. Soal untuk waktunya ini nanti federasi yang tentukan dan koordinasi juga dengan stakeholder," ujar Sudjarno.

3. Untuk Liga 2, format masih belum ditentukan

Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?Sejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021).Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Jika Liga 1 sudah pasti menggunakan sistem seri, Sudjarno menyebut LIB belum menentukan format Liga 2 akan seperti apa. Namun, hal ini sudah masuk dalam ranah diskusi LIB dan federasi, kendati belum ada keputusan resmi.

"Sebetulnya sudah akan kami bahas kemarin, kan waktu itu targetnya Liga 1 berjalan, dua hingga tiga pekan kemudian Liga 2. Lalu ada penundaan, jadi kami harus kasih ruang untuk format baru dari Liga 2. Untuk format ini masih jadi ranah diskusi antara LIB dan federasi," tutur Sudjarno.

Baca Juga: LIB Bakal Adakan Pertemuan Lanjutan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya