Sabar, Hasil Inspeksi FIFA soal JIS Keluar Pekan Depan

FIFA akan menelurkan hasil inspeksi pekan depan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa hasil inspeksi FIFA soal Jakarta International Stadium (JIS) tidak akan diumumkan dalam waktu dekat. Dia memprediksi, hasil inspeksi akan keluar pekan depan.

Tidak hanya hasil inspeksi soal JIS, ada kemungkinan per pekan depan FIFA sudah menentukan venue mana saja yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Masih ada kemungkinan JIS terpilih.

"Tadi kata Ketum PSSI (Erick Thohir) by the end of week (hasil inspeksi JIS), minggu depan itu sudah bisa menjadi pembahasan final dan resmi mana-mana saja venue yang akan dipakai untuk (Piala Dunia) U-17," ujar Dito di Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

1. Hasil inspeksi JIS belum ada

Sabar, Hasil Inspeksi FIFA soal JIS Keluar Pekan DepanJakarta International Stadium (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dito berkata, untuk saat ini hasil inspeksi JIS itu belum ada. Meski FIFA sudah melakukan inspeksi, hasilnya akan diumumkan ketika otoritas sepak bola dunia tersebut tuntas menginspeksi semua calon venue Piala Dunia U-17 2023.

"Akhirnya FIFA inspeksi stadion yang berpotensi jadi opsi venue Piala Dunia U-17 2023. Jadi kalau hasilnya ini (hasil inspeksi) belum ada, karena ini menunggu setelah inspeksi seluruh stadion yang akan digunakan di (Piala Dunia) U-17," kata Dito.

Baca Juga: Inspeksi FIFA ke JIS Berlangsung Tertutup Selama 3 Jam

2. Rumput JIS juga belum ada laporan

Sabar, Hasil Inspeksi FIFA soal JIS Keluar Pekan DepanPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dito juga mengungkapkan, menyoal rumput JIS yang menjadi polemik, belum ada laporan yang betul-betul final dari FIFA. Apa pun hasilnya nanti, PSSI dan pemerintah Indonesia siap menyesuaikan standar FIFA.

"Dari rumput sendiri saya juga belum adanya laporan final (soal rumput JIS), tapi apa pun itu ya nanti kita akan menyesuaikan dengan apa yang menjadi standar FIFA," ujar Dito.

3. JIS memang menarik perhatian

Sabar, Hasil Inspeksi FIFA soal JIS Keluar Pekan DepanSuasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain JIS, nantinya FIFA juga akan melakukan pengecekan ke beberapa kota, seperti Bandung (Si Jalak Harupat), Surabaya (Gelora Bung Tomo), dan Solo (Manahan). Inspeksi akan berlangsung mulai 28 Juli sampai 2 Agustus 2023.

JIS memang menarik perhatian. Dalam surat FIFA, disebutkan bahwa stadion di Jakarta Utara ini harus direnovasi, terutama di bagian rumput yang menggunakan sistem karpet. Hal ini mengacu pada peninjauan PSSI bersama ahli rumput.

Baca Juga: Heru Ungkap Jasa 7 Gubernur DKI di Balik Berdirinya JIS

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya