Shin Tae Yong Bisa Latih Timnas Indonesia hingga Piala Asia

Kontrak Shin berpeluang diperpanjang

Jakarta, IDN Times - Teka-teki mengenai masa depan Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia masih jadi misteri. Namun, PSSI memberi kode, bahwa sosok asal Korea Selatan itu bisa melatih skuad Garuda hingga Piala Asia 2023.

Kontrak Shin bersama PSSI sendiri akan tandas pada Desember 2023 mendatang. Sialnya, ada dua ajang besar yang sudah menunggu Indonesia dalam rentang waktu tersebut, yakni Asian Games 2022 dan Piala Asia 2023.

Sempat jadi tanda tanya, rupanya tak menutup kemungkinan Shin akan melatih skuad Indonesia di dua ajang tersebut. Hal itu diungkapkan salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

1. Shin berpotensi latih Timnas U-23 di Asian Games

Shin Tae Yong Bisa Latih Timnas Indonesia hingga Piala AsiaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Tata Firza).

Arya berujar, bisa saja Shin melatih Timnas U-23 di ajang Asian Games 2022. Ajang yang sejatinya dihelat pada 2022 ini, mundur ke September hingga awal Oktober 2023 lantaran pandemik COVID-19 yang menghantam China, negara tuan rumah.

Dengan target tinggi yang dipatok Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di ajang tersebut, federasi bisa saja tetap mempercayakan Shin melatih Timnas U-23 di Asian Games 2022. Apalagi, ajang itu masih ada dalam rentang waktu kontrak Shin.

"Untuk Asian Games 2022, tentu akan kita lihat lagi (soal kemungkinan Shin melatih Timnas U-23)," ujar Arya di Kantor PSSI, Selasa (11/4/2023) malam WIB.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ditahan: Coach, Jangan Ambil Keputusan Dulu!

2. Shin juga berpeluang melatih Indonesia di Piala Asia

Shin Tae Yong Bisa Latih Timnas Indonesia hingga Piala AsiaShin Tae Yong sedang berdiskusi dengan tim pelatih Timnas U-19 Indonesia di salah satu laga Piala AFF U-19. (IDN Times/Tata Firza)

Selain Asian Games 2022, Shin juga berpeluang tetap melatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Seperti diketahui, ajang ini mundur ke awal 2024, dan bakal dihelat di Qatar. Tentu, waktu ini melewati masa kontrak Shin bersama skuad Garuda.

Namun, Arya berujar bahwa Erick masih percaya pada Shin. Alhasil, ada potensi kontrak Shin diperpanjang hingga Piala Asia 2023 kelak.

"Kita lihat nanti, karena Pak Erick ingin lebih karena STY harus bagus juga hasilnya. Kemarin pak Erick sudah kasih tahu bahwa bulan Desember kontraknya habis. Pak Erick masih percaya dengan Shin tapi ingin target lebih," tutur Arya.

3. PSSI masih akan berdiskusi secara internal

Shin Tae Yong Bisa Latih Timnas Indonesia hingga Piala AsiaLogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Terkait kemungkinan perpanjangan kontrak Shin, Arya belum bisa banyak komentar. Dia bakal berdiskusi dengan internal PSSI sebelum memastikan masa depan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Shin Tae Yong sendiri memang belum menorehkan prestasi apik bersama Timnas Indonesia, selain runner-up Piala AFF 2020, serta berhasil membawa skuad Garuda ke putaran final Piala Asia 2023. Performanya pun sempat diragukan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sakit Hati Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya