Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 Indonesia

Timnas U-23 dinilai kurang di fisik dan finishing

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Bersua Australia dalam dua pertemuan di babak kualifikasi, skuad Garuda Muda kalah dengan total agregat 2-4.

Di leg pertama, Timnas U-23 kalah dengan skor 2-3. Lanjut di leg kedua, mereka tumbang lagi dari Australia dengan skor 0-1.

Dari dua kekalahan ini, ada dua kekurangan yang disoroti oleh Shin Tae Yong, pelatih Timnas U-23. Apa saja kekurangan tersebut?

1. Finishing yang buruk

Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 IndonesiaTimnas U-23 lawan Australia. (pssi.org)

Di dua laga lawan Australia ini, Timnas U-23 sejatinya mendapatkan beberapa kesempatan mencetak gol. Pergerakan dari para pemain di lini serang Timnas U-23 sering memberi kesulitan bagi lini belakang Australia.

Namun, dari sekian peluang yang tercipta, hanya dua gol yang mampu dilesakkan Timnas U-23. Alhasil, Shin pun menyoroti finishing para pemainnya yang harus ditingkatkan lagi dalam laga-laga ke depan.

"Memang sangat banyak yang harus dievaluasi. Dari sekian banyak yang harus dievaluasi itu, finishing jadi salah satu hal yang harus dibenahi. Kami dapat banyak kesempatan di depan gawang, tetapi susah mencetak gol," tutur Shin saat ditemui selepas laga.

Baca Juga: Dibekuk Australia, Ini 3 PR Timnas U-23

2. Kondisi fisik yang harus dijaga dan ditingkatkan

Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 IndonesiaTimnas U-23 lawan Australia. (pssi.org)

Selain finishing, satu hal lain yang harus ditingkatkan adalah kondisi fisik. Menurut Shin, fisik para pemain Indonesia, termasuk Timnas U-23, cukup keteteran di laga internasional.

Alhasil, ketika kembali ke klub nanti, dia minta para pemainnya membenahi lagi kondisi fisiknya.

"Jadi, pemain harus membenahi fisik dulu, karena mungkin para pemain tidak merasakan di liga, tetapi merasakan di laga internasional, bahwa kondisi fisiknya beda jauh (dengan lawan). Ketika kembali ke klub, pemain harus maksimal berlatih fisik, dan main bola dengan penuh power," tutur Shin.

3. Shin mohon dukungan kepada masyarakat

Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 IndonesiaTimnas U-23 lawan Australia. (pssi.org)

Meski masih ada beberapa kekurangan, Shin melihat ada peningkatan yang ditunjukkan anak asuhnya, terutama dari segi semangat juang. Dia pun meminta dukungan kepada masyarakat Indonesia agar terus mengawal skuad Timnas U-23 dan Timnas Indonesia.

"Melalui TV, saya yakin para fans menonton laga hari ini, dan bisa dilihat performa para pemain Timnas U-23 sudah meningkat. Menurut saya, banyak peningkatan terutama dari sisi semangat juang pemain. Jadi mohon dukungannya dari masyarakat untuk para pemain kita," tutur Shin.

Baca Juga: Pelatih PSM Sentil Cara Shin Tae-yong Pilih Pemain Timnas Indonesia

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya