Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim Depan

Liga 2 akan punya operator baru

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, membeberkan hasil sarasehan bersama klub-klub Liga 1 dan Liga 2 yang diadakan di Surabaya pada Sabtu, 4 Maret 2023. Salah satunya, operator kedua kompetisi itu akan berbeda musim depan.

Erick menjabarkan, perbedaan operator kompetisi ini akan membuat kompetisi Liga 2 bisa semakin meningkat secara industrinya. Terbuka juga kemungkinan Liga 2 main beriringan dengan Liga 1 musim depan.

“Keputusan Liga 1 dan Liga 2 secara terpisah akan membentuk manajemen liga sendiri-sendiri. Jadi Liga 1 sendiri, Liga 2 sendiri yang tadinya Liga 2 di bawah ketek Liga 1 LIB-nya, ini pertama kali,” kata Erick dalam jumpa pers di GBK Arena, Minggu (5/3/2023).

1. Liga 2 tak akan ada lagi di bawah naungan LIB

Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim DepanKetum PSSI, Erick Thohir, di GBK Arena. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Seperti diketahui, saat ini kompetisi Liga 1 dan Liga 2 masih ada di bawah naungan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Musim depan, hal itu tidak akan berlaku lagi. Hadirnya operator baru ini juga tak lepas dari keinginan klub-klub Liga 2.

Nah, perkara siapa yang akan menjadi operator Liga 2 nantinya, PSSI bakal menggelar Project Management Officer (PMO). Di sini, nama PT dari operator, plus jajaran petingginya, akan ditentukan oleh klub-klub Liga 2 selaku pemegang saham. 

“Minggu depan kita bikin PMO yang melibatkan perwakilan PSSI dan klub Liga 1 serta Liga 2. Dari kesepakatan kemarin Liga 1 dan Liga 2 secara kepemilikan dipisah. Mereka akan segera gelar RUPS untuk tunjuk Komisaris independen,” ujar Erick.

Baca Juga: Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, PSMS Usung Misi Lanjutkan Liga 2

2. Liga 2 dipastikan berhenti musim ini

Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim DepanLogo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, menyebut bahwa kompetisi Liga 2 2022/23 resmi ditiadakan dan tidak ada promosi. Nanti, operator yang baru akan mengurus format dan jadwal Liga 2 2023/24.

"Klub-klub Liga 2 memang meminta sistem baru dan operator baru musim depan. Mereka sepakat tidak ada promosi musim ini, termasuk klub-klub yang ada di papan atas macam PSMS dan Karo United. Tak ada satupun klub yang minta diteruskan," ujar Arya.

3. Liga 2 2023/24 akan bergulir November 2023

Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim DepanKetum PSSI, Erick Thohir, di GBK Arena. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Berdasarkan hasil sarasehan di Surabaya, diputuskan bahwa gelaran Liga 2 2023/24 akan dihelat pada November 2023 mendatang. Untuk mengisi kekosongan, akan ada mini turnamen yang dihelat untuk klub-klub Liga 2.

"Untuk Liga 2 akan dimulai pada November 2023 dan akan berakhir pada Juni 2024. Nah untuk mengisi kekosongan, hingga kick-off bulan November akan ada mini turnamen,’’ ujar Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha.

Baca Juga: APPI: FIFA dan AFC Akan Intervensi PSSI Soal Liga 2

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya