Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan Ruang

Kaoru Mitoma ternyata pemain cerdas

Jakarta, IDN Times - Pemain Brighton and Hove Albion, Kaoru Mitoma, tidak hanya sekadar cerdas secara akademik. Ternyata, ada kecerdasan lain yang juga dimiliki eks penggawa Kawasaki Frontale tersebut.

Sejak memulai debut bersama Brighton di Premier League pada 13 Agustus 2022 lalu, Mitoma menjadi perhatian tersendiri.

Salah satu hal yang disorot darinya adalah kemampuan dribel, yang bermula dari tesisnya yang membahas tentang hal tersebut.

Akan tetapi, Mitoma ternyata tidak cuma bukan soal dribel semata. Dalam siaran YouTube Premier League Uncut, sosok asal Jepang itu menunjukkan bahwa dia adalah pemain cerdas.

1. Kemampuan dalam memanfaatkan ruang

Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan Ruangpotret Kaoru Mitoma (brightonandhovealbion.com)

Di Jerman, ada seorang Thomas Mueller yang dianggap sebagai penafsir ruang yang andal. Satu ruang kecil di kotak penalti, bisa dia manfaatkan dengan baik. Nah, Mitoma ternyata memiliki kemampuan serupa.

Dalam paparannya di YouTube Premier League Uncut, Mitoma diperlihatkan beberapa gol yang pernah dia cetak di Premier League. Hampir semua gol itu mencerminkan kemampuannya dalam memanfaatkan ruang.

Dua gol ke gawang Leicester City dan Brentford mencerminkan kejeniusan Mitoma dalam memanfaatkan ruang.

Saat lawan Leicester, dia mengeksploitasi ruang yang dibuat Pervis Estupinan. Sedangkan lawan Brentford, dia memanfaatkan ruang yang dibuat tim.

"Saya memanfaatkan ruang yang dibuat Estupinan dan pemain lawan, dan masuk ke situ dengan dribel yang saya punya. Juga ketika lawan Brentford, saya menyerang ruang yang dibuat oleh rekan setim. Ruang itu selalu ada dan bisa dimanfaatkan," ujar Mitoma.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa Terbaik Brighton pada 2022/2023, Ada Kaoru Mitoma!

2. Sentuhan pertama yang penting

Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan RuangInstagram.com/kaoru.m.0520

Mitoma berujar, untuk memanfaatkan ruang, ada satu hal yang juga tak kalah penting untuk dikuasai, yakni sentuhan pertama. Dalam gol yang dia cetak ke gawang Everton, Mitoma mendemonstrasikan sentuhan pertama yang apik.

"Saya kira, sentuhan pertama adalah hal penting yang harus dikuasai, dan saya fokus pada itu sejak kecil. Sentuhan pertama yang apik akan berpengaruh pada permainan, dan memberikan kesempatan bagi kita melakukan inisiatif permainan," ujar Mitoma.

"Tentu, kita juga harus memantau lebih dulu situasi di sekitar kita, sebelum melakukan sentuhan pertama. Di sinilah kita harus paham di mana ruang kosong berada, mengarahkan bola ke sana, dan menyelesaikan peluang dengan baik," tambahnya.

3. Perpaduan yang sempurna

Tentang Kaoru Mitoma dan Kecerdasan Memanfaatkan RuangKaoru Mitoma (premierleague.com)

Mitoma mengajarkan, bahwa kemampuan dribel tak akan berarti jika kita tidak memiliki kemampuan memanfaatkan ruang yang baik. Dia mencontohkan itu dalam gol lawan Wolverhampton Wanderers.

Dalam proses gol itu, Mitoma memamerkan kemampuan dribel yang apik. Namun, dia juga menunjukkan kemampuan eksploitasi ruang yang apik. Hal itu tampak dari arah dribel yang dia tuju, tak sembarangan.

"Ketika melewati pemain pertama, saya melihat ruang di depan saya, dan ruang itu besar karena saya melihat bek lawan terlalu melebar ke kanan. Dari situ saya tahu, bahwa saya bisa menerobos dan mencetak gol," ujar Mitoma.

Jadi, Kaoru Mitoma tidak cuma andal dalam hal dribel. Kemampuan dribelnya ini menonjol, lantaran dia juga memahami ruang dengan sangat apik. Tak heran, dia begitu jago mengecoh lawan, karena dia sudah tahu apa yang dia lakukan.

Baca Juga: Kaoru Mitoma dan Kejeniusannya Menyusun Tesis tentang Teknik Mendribel

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya