Thailand Bekuk Filipina, Jadi Peringatan buat Indonesia

Thailand menang empat gol tanpa balas

Jakarta, IDN Times - Thailand agaknya masih jadi ancaman bagi Indonesia di Piala AFF 2022. Terbaru, dalam laga kedua fase grup, mereka sukses menumbangkan Filipina di Stadion Thammasat, Senin (26/12/2022) malam.

Tidak tanggung-tanggung, Thailand menang dengan skor 4-0 di laga tersebut. Teerasil Dangda mencetak dua gol, ditambah dengan satu gol masing-masing dari Adisak Kraisorn dan Suphanan Bureerat.

Baca Juga: Bantai Brunei, Indonesia Belum Tentu Menang Lawan Thailand

1. Sudah dominan sejak babak pertama

Thailand Bekuk Filipina, Jadi Peringatan buat IndonesiaThailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Thailand sudah menunjukkan dominasinya sejak babak pertama. Pada menit ketiga, Dangda sudah membawa Thailand unggul lewat sontekannya. Unggul cepat, Thailand tidak menurunkan intensitas permainan.

Hampir sama seperti Piala AFF 2020 lalu, Thailand kembali menerapkan permainan efektif. Mereka mengalirkan bola dengan enak, dengan segitiga yang selalu tercipta di antara para pemain. Alhasil, opsi umpan selalu hadir.

Dangda menggandakan keunggulan Thailand pada menit 41 lewat sepakan penaltinya. Hingga babak pertama tuntas, Thailand sudah unggul dua angka atas Filipina.

Baca Juga: 5 Fakta Piala AFF, Indonesia si Runner Up Thailand Jawara

2. Filipina coba berubah, tetapi terlambat

Thailand Bekuk Filipina, Jadi Peringatan buat IndonesiaLaga Kamboja versus Filipina di Piala AFF 2022 (Twitter @AFFPresse)

Memasuki babak kedua, Filipina coba berubah. Mereka main lebih menekan, dan tidak membiarkan Thailand leluasa menguasai bola. Namun, semua terlambat. Thailand sudah kadung enak mengalirkan bola.

Hasilnya, dua gol sukses dilesakkan Thailand di babak kedua ini. Pertama, Kraisorn mencetak gol pada menuit 57, memanfaatkan umpan Dangda. Kemudian, pada menit 63, Bureerat mencetak gol usai memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Permainan apik dan mengalir, dengan segitiga yang acap tercipta, menjadikan Thailand begitu dominan. Hingga babak kedua tuntas, keunggulan empat angka Thailand atas Filipina ini tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia Paling Tajam di Era Shin Tae Yong, Siapa Teratas?

3. Akan bersua Indonesia

Thailand Bekuk Filipina, Jadi Peringatan buat IndonesiaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Selanjutnya, Thailand sudah ditunggu Indonesia di laga ketiga fase grup Piala AFF 2022. Merunut jadwal, pertandingan ini bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022).

Indonesia tentu harus mewaspadai Thailand. Menilik permainan mereka dalam dua laga terakhir, efektivitas dan umpan-umpan yang mengalir jadi sesuatu yang harus tim Merah Putih waspadai dari tim berjuluk Gajah Perang tersebut.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya