Timnas Indonesia dalam Bayang-bayang Trauma Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia pernah tampil buruk di Kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Pada 2019, Timnas Indonesia sempat dilanda kepercayaan diri tinggi di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Masuk babak kedua, mereka hanya berhadapan dengan tim-tim asal Asia Tenggara macam Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Memang, masih ada Uni Emirat Arab di sana. Namun, berhadapan dengan sesama tim asal Asia Tenggara, asa membubung bagi Indonesia melaju jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, kenyataan malah berbanding terbalik dengan harapan.

Apa yang menimpa Indonesia kala itu, menjadi noda dan kenangan buruk. Nah, akankah kenangan itu terulang lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

1. Indonesia tidak berkutik di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia dalam Bayang-bayang Trauma Kualifikasi Piala DuniaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Indonesia mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sangat buruk. Bersua Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 5 September 2019, mereka kalah dengan skor 2-3, setelah sempat unggul 2-1.

Setelah kekalahan dari Malaysia, Indonesia terus meraih hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka kalah di tangan Thailand dalam laga kandang, juga dibantai Uni Emirat Arab di Dubai.

Puncaknya, dalam delapan laga yang dilakoni, Indonesia hanya mencetak satu poin, hasil dari main imbang lawan Thailand. Sisanya, mereka kalah tujuh kali. Babak kualifikasi saat itu benar-benar buruk bagi skuad Garuda.

Baca Juga: Mata-Mata Filipina yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia

2. Deja vu di awal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia dalam Bayang-bayang Trauma Kualifikasi Piala DuniaTimnas Indonesia menghadapi Irak. (Dok. PSSI)

Tidak jauh beda dengan saat 2019 lalu, Indonesia kembali diliputi harapan besar pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad yang lebih mentereng, plus pelatih yang lebih berkualitas, membuat semua tampak menjanjikan.

Plus, Indonesia kembali satu grup di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan dua negara Asia Tenggara, yakni Vietnam dan Filipina, plus Irak sebagai satu negara dari Timur Tengah. Kepercayaan diri menyeruak.

Namun, kepercayaan diri Indonesia runtuh langsung di laga perdana babak kedua. Bersua Irak di Basra International Stadium, skuad Garuda kalah dengan skor telak 1-5. Bayang-bayang hasil buruk Kualifikasi Piala Dunia 2022 pun kembali menyeruak.

3. Potensi Indonesia untuk mengobati luka lama

Timnas Indonesia dalam Bayang-bayang Trauma Kualifikasi Piala DuniaTimnas Indonesia lawan Irak. (Dok. PSSI)

Terlepas dari kesamaan yang ada di antara laga perdana babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan 2026, Indonesia masih bisa mengubah takdir. Laga lawan Filipina pada Selasa (21/11/2023) malam WIB adalah kuncinya.

Pasukan wajib meraih kemenangan di laga ini, agar kepercayaan diri para pemain kembali meningkat. Jika tidak, jangan heran pengalaman buruk Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan terulang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Masih Dominan atas Filipina!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya