Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas Irak

Irak ciamik saat bersua Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengakui kekuatan Irak usai tim asuhannya kalah dalam laga perdana babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda tidak berdaya dalam perjumpaan ini.

Berlaga di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam, Irak mempertontonkan kualitasnya dan sukses membungkam Indonesia dengan kemenangan 1-5. Dengan tegas, dia mengatakan Irak adalah tim yang bagus.

"Kami jelas mengalami kekalahan berat dari Irak. Selamat buat mereka, mereka bermain bagus, dan mereka juga adalah tim yang kuat," kata Shin dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Pengaruh dari fans Irak juga terasa

Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas IrakTimnas Indonesia menghadapi Irak. (Dok. PSSI)

Selain kalah dari segi kualitas, Shin juga mengakui kehadiran fans Irak memberikan dampak besar bagi permainan Indonesia. Total 65 ribu fans yang hadir di Basra International Stadium memberikan efek tersendiri bagi para pemainnya.

"Ya, ini adalah pertandingan kandang bagi mereka (Irak), dan banyak suporter di stadion ini juga. Di atas itu, Irak memang bermain bagus," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Pemain Naturalisasi Buat Timnas Indonesia Menakutkan

2. Harus belajar dari laga ini

Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas IrakShayne Pattynama saat diambil Sumpah Kewarganegaraan RI, Selasa (24/1/2023). (Instagram/@PSSI).

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama menyebut, skuad Garuda harus belajar dari kekalahan ini. Bagi pemain yang main di Viking FK itu, kekalahan ini jadi pembelajaran berharga bagi pemain Indonesia.

"Kami tidak boleh terlalu sombong saya pikir, ini adalah pembelajaran bagi kami semua, Irak adalah tim bagus, kami akan belajar dari ini, dan selanjutnya kami akan bermain lebih baik," kata Shin.

3. Timnas Indonesia jadi juru kunci

Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas IrakTimnas Indonesia lawan Irak. (Dok. PSSI)

Buah dari kekalahan ini, Timnas Indonesia menghuni posisi juru kunci Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka kalah selisih gol dari Filipina, yang juga kalah 0-2 dari Vietnam di laga perdana.

Usai menghadapi Irak, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanan mereka di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Senin (21/11/2023). Sudah ada Filipina yang menanti di Rizal Memorial Stadium.

Baca Juga: Alasan Marselino dan Ivar Jenner Tak Dipanggil Shin Tae Yong

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya