Timnas U-23 Panggil Lagi Pemain yang Disanksi, Memang Bisa Main?

Dua pemain sudah dilarang main di Piala AFF U-23

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong sudah memanggil 27 pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23. Uniknya, dalam daftar skuad tersebut, masih ada Titan Agung, Muhammad Taufany, dan Komang Teguh.

Kekhawatiran menyeruak karena pada Piala AFF U-23 2023 lalu, Titan dan Komang yang sudah dipanggil gagal mentas. Saat itu, AFC menyatakan mereka masih terkena sanksi, imbas insiden SEA Games 2023.

Kini, Taufany juga masuk dan statusnya masih terhukum. Titan dan Komang juga masih ada dua laga lagi yang harus dijalani dalam skorsingnya. Lantas, apakah bisa main? Kenapa PSSI berani panggil mereka?

1. PSSI sudah bersurat ke AFC

Timnas U-23 Panggil Lagi Pemain yang Disanksi, Memang Bisa Main?Exco PSSI, Arya Sinulingga. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan pihaknya sudah bersurat ke AFC soal Titan, Taufany, dan Komang. Hal itu untuk memastikan apakah ketiganya bisa mentas atau tidak.

"Kami sudah meminta bagian internasional membuat surat ke AFC, memastikan mereka, apakah boleh bermain atau tidak. Suratnya sudah kami kirim," ujar Arya kepada awak media.

Baca Juga: Korea Selatan Pantang Remehkan Timnas U-17

2. Menanti kabar dari AFC

Timnas U-23 Panggil Lagi Pemain yang Disanksi, Memang Bisa Main?Suasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

Arya juga menyatakan pemain-pemain yang dipanggil Shin untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 sudah dimasukkan ke Badan Tim Nasional (BTN). Sekarang, PSSI tengah menanti kabar dari AFC, apakah tiga pemain itu bisa mentas atau tidak.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini sudah ada informasi dan pemberitahuan dari AFC, apakah kedua pemain yang dipanggil oleh STY ini bisa dimainkan dalam pertandingan Timnas yang memang masuk dalam agenda FIFA," ujar Arya.

3. Kualifikasi Piala Asia U-23 digelar September

Timnas U-23 Panggil Lagi Pemain yang Disanksi, Memang Bisa Main?Timnas U-23 di final Piala AFF U-23. (Dok. PSSI)

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sendiri akan digelar pada awal September, tepatnya 6 hingga 12 September 2023. Ajang ini mengambil tempat di Stadion Manahan, Solo.

Timnas U-23 tergabung bersama Turkmenistan dan Taiwan di Kualifikasi Piala Asia U-23 ini. Jika lolos, Indonesia akan mentas di putaran final dan berpeluang pula lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: PSSI Akan Bentuk Timnas Indonesia B untuk Ajang Non-Kalender FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya