Tujuan Audit Keuangan PSSI dan LIB: Supaya Dana FIFA Cair

Audit itu harus dilakukan sesegera mungkin

Jakarta, IDN Times - PSSI melakukan sebuah terobosan dalam upaya membenahi laporan keuangannya, juga milik PT Liga Indonesia Baru (LIB). Ternyata, terobosan ini memiliki tujuan yang berkaitan dengan FIFA.

PSSI menggandeng firma audit keuangan ternama, Ernst & Young, untuk mengaudit keuangan federasi dan PT LIB. Nantinya, firma ini akan mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI.

"Saya sudah tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," kata Erick, Jumat (21/4/2023).

Lebih jauh, ternyata kerja sama ini memiliki tujuan yang lebih futuristik. Erick ingin, rapinya keuangan PSSI berujung pada cepatnya dana FIFA Forward cair untuk Indonesia.

1. Transparansi keuangan jadi kunci

Tujuan Audit Keuangan PSSI dan LIB: Supaya Dana FIFA CairLogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Erick menyatakan keuangan PSSI dan PT LIB nantinya harus transparan. Dengan begitu, pelaporan keuangan ke FIFA akan berjalan dengan lancar, termasuk rencana-rencana PSSI terkait dana yang akan diberikan FIFA kelak.

"Ini semua harus kami bersihkan (keuangan PSSI), transparan. Karena ini bagian juga nanti kami melaporkan ke FIFA penggunaan dana di depan," ujar Erick di Hotel Sultan, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga: Dana FIFA Forward Dibekukan, Berpengaruh Buat PSSI?

2. PSSI masih butuh dana FIFA

Tujuan Audit Keuangan PSSI dan LIB: Supaya Dana FIFA CairKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick mengakui PSSI sejatinya masih membutuhkan dana bantuan FIFA Forward, untuk beberapa program ke depan. Salah satunya, adalah untuk pembangunan training center di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kan kita mau ada bantuan lagi, untuk training camp itu dana FIFA sebagian, pemerintah, dan sponsor. Dalam mencairkan dana, juga harus ada tanggung jawab. Kami tidak ada yang mengambil," kata Erick.

3. Audit keuangan diusahakan selesai sebelum Juli

Tujuan Audit Keuangan PSSI dan LIB: Supaya Dana FIFA CairKetua Umum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick menegaskan audit keuangan PSSI dan PT LIB segera dimulai, seiring nota kesepahaman yang dibuat antara federasi dan Ernst & Young. Dia ingin proses audit selesai sebelum Liga 1 dimulai pada Juli 2023.

"Audit ini (audit keuangan PSSI dan PT LIB) akan mulai dan nanti kita lihat hasilnya apa. Tapi, tentu masa kerjanya tidak lama, kami ingin secepat mungkin. Karena Liga 1 sudah mulai pada 1 Juli 2023. Belum nanti ada turnamen, jadi semua ini ketat," ujar Erick.

Saat ini, PSSI masih kena sanksi pembekuan dana bantuan FIFA terkait kegagalan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, potensi mereka untuk mengajukan dana bantuan dari otoritas sepak bola dunia itu masih terbuka.

Baca Juga: Erick Thohir: Jangan Ngomongin Bonus SEA Games Dulu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya