Menko Mahfud Siap Ajak Putranya Tonton FIFA Match RI vs Argentina

Laga Indonesia vs Argentina bakal digelar pada 19.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD bakal ikut menyaksikan laga persahabatan internasional antara Timnas Indonesia dan Argentina yang digelar pada Senin (19/6/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK). Bahkan, Mahfud bakal mengajak putranya untuk ikut menonton pertandingan tersebut pukul 19.30 WIB. 

"Anak saya Royhan Akbar, Ican, sudah tiba di Jakarta untuk nonton laga Indonesia VS Argentina. Sehari-hari anak saya tinggal di Yogyakarta," demikian cuit Mahfud di akun media sosialnya pada Minggu (18/6/2023). 

Di sisi lain, Mahfud mengaku kecewa karena Lionel Messi karena pentolan timnas Argentina itu absen dalam pertandingan nanti malam. "Agak kecewa meski Messi tidak jadi datang. Tapi, laga akan tetap menyihir publik karena masih ada Alejandro Garnacho (bintang Manchester United) yang akan dilawan habis oleh Asnawi Mangkualam dkk. Saya pun siap ikut menonton," kata dia. 

Sementara, jumlah tiket pertandingan yang terjual per 5 Juni 2023 telah mencapai 20 ribu tiket. Masih ada sisa 40 ribu lembar tiket lagi untuk laga timnas Indonesia vs Argentina. 

1. Presiden Jokowi juga bakal hadir menonton laga Indonesia vs Argentina

Menko Mahfud Siap Ajak Putranya Tonton FIFA Match RI vs ArgentinaPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sementara, menurut Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Zainudin Amali memastikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga bakal menonton laga Indonesia vs Argentina di Stadion Gelora Bung Karno malam ini.

"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bakal hadir menonton pertandingan. Sudah dipastikan, insya Allah hadir," ungkap Zainudin pada Minggu kemarin. 

Ia pun memastikan pengaturan keamanan sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait. Zainudin juga mengimbau agar para pendukung langsung masuk ke stadion. 

"Sudah diatur (dikoordinasikan) tekait dengan keamanan. Sudah diarahkan. Kepada teman-teman (suporter), tolong datang lebih awal. Jangan pas mulai pertandingan, baru mau datang," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Shin Tae Yong Pesimistis Timnas Indonesia Kalahkan Argentina

2. Lionel Messi absen karena butuh istirahat

Menko Mahfud Siap Ajak Putranya Tonton FIFA Match RI vs ArgentinaLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Sementara, menurut pelatih Argentina, Lionel Scaloni, Messi absen karena membutuhkan istirahat. "Messi, Di Maria, dan lainnya perlu istirahat dan mereka perlu berlatih untuk laga-laga lainnya, siapa pun pemainnya (dari skuad Argentina) enjoy saja laga nanti," ujar Scaloni.

Meski Messi absen, Scaloni menjamin kekuatan Argentina tidak akan berubah. Dia menambahkan, meski akan ada perubahan komposisi yang dilakukan dalam skuad, warna permainan Argentina tetap sama.

"Memang selalu ada perubahan yang terjadi di dalam skuad kami, dan ada juga beberapa pemain baru yang hadir. Akan tetapi, warna permainan Argentina tetap tidak berubah," tutur dia. 

3. Shin Tae Yong pesimistis timnas bisa kalahkan tim Argentina

Menko Mahfud Siap Ajak Putranya Tonton FIFA Match RI vs ArgentinaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Sementara, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, pesimistis timnya bisa mengalahkan Argentina dalam FIFA Matchday. Padahal, dia berpengalaman soal memberi kejutan.

Pada gelaran Piala Dunia 2018 silam, Shin sukses membawa Korea Selatan menumbangkan Jerman di laga terakhir fase grup dengan skor 2-0. Kemenangan ini pun membuat tim Panser harus angkat koper dari Piala Dunia 2018.

Shin berkata, ketika Korea Selatan mengalahkan Jerman, peringkat mereka di FIFA sudah sangat baik saat itu, yakni peringkat 50. Sedangkan Indonesia, saat ini masih ada di peringkat 149. Ada perbedaan kualitas yang tampak.

"Saya pernah pegang Korea Selatan dan menang lawan Jerman 2-0 di Rusia 2018. Tetapi waktu itu peringkat FIFA Korea Selatan di urutan 50, kita peringkat FIFA 149, jadi ya mungkin akan jadi sulit pertandingan ini, sulit menang," ujar Shin dalam sesi jumpa pers jelang laga.

Baca Juga: Ini Alasan Messi Absen di Laga Indonesia vs Argentina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya