2 Gol Cantik Indonesia Masuk Nominasi Terbaik Piala AFF 2020

Bahkan, salah satunya sudah unggul jauh

Jakarta, IDN Times - Piala AFF 2020 sudah berakhir. Namun, gegap gempitanya belum selesai karena sejumlah penghargaan dari berbagai kategori masih berjalan pemungutan suaranya.

Salah satunya adalah gol tercantik di Piala AFF. Ada 10 gol yang jadi nominator dalam penghargaan tersebut.

Dua di antaranya merupakan hasil kreasi pemain Indonesia, Pratama Arhan serta Witan Sulaeman. Kamu bisa berkontribusi untuk memilihnya lewat situs Piala AFF. Gol mana saja yang masuk nominasi itu? Intip yuk.

Baca Juga: Daftar Peraih Penghargaan Piala AFF 2020, Ada Pratama Arhan

1. Knuckle ball Pratama Arhan

Gol Pratama saat melawan Malaysia di duel pamungkas penyisihan Grup B Piala AFF, 19 Desember 2021 lalu, jadi sorotan.

Sepakan roketnya ke gawang Khairul Fahmi Ce Mat, telah mengundang decak kagum penonton. Maka, tak heran jika gol ini masuk dalam salah satu yang terbaik.

Berawal dari umpan Irfan Jaya, Pratama cuma mengontrol bola sekali. Hanya mengambil ancang-ancang sejauh satu langkah, Pratama menghantam bola dengan kaki dalam, membuat arahnya tak menentu.

Teknik ini biasa dipakai bintang-bintang dunia seperti Cristiano Ronaldo dan dikenal sebagai knuckle ball.

2. Kombinasi Witan-Asnawi

2 Gol Cantik Indonesia Masuk Nominasi Terbaik Piala AFF 2020Timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Kemudian, gol kedua Indonesia yang dianggap terbaik sepanjang Piala AFF 2020 adalah milik Witan Sulaeman. Gol itu diciptakan Witan dalam semifinal leg 1 Piala AFF, melawan Singapura.

Prosesnya memang terbilang cantik. Diawali dari manuver Asnawi Mangkualam dari pertahanan sendiri, melewati sejumlah pemain Singapura, Witan ikut dalam permainan kombinasi dengannya.

Umpan satu-dua dilakukan Witan dan Asnawi. Saat umpan terakhir diberikan Asnawi, Witan langsung menceploskan bola ke gawang Singapura, tanpa mengontrolnya.

3. Unggul jauh

2 Gol Cantik Indonesia Masuk Nominasi Terbaik Piala AFF 2020Skuad Timnas Indonesia merayakan gol Witan Sulaeman ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Sejauh ini, kedua gol itu yang paling banyak dipilih oleh voters. Gol Pratama dan Witan bahkan mengalahkan torehan Nguyen Tien Linh, Chanatip Songkrasin, dan sepakan bebas Shahdan Sulaiman.

Tapi, knuckle ball Pratama ke gawang Malaysia masih memimpin hingga sekarang. Gol itu mendulang 62,39 persen atau 4323 suara.

Baca Juga: Usai Runner Up Piala AFF, Indonesia Urutan Berapa di Rangking FIFA?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya