3 Fakta Kedatangan Josko Gvardiol ke Manchester City

Gvardiol jadi suntikan bertenaga buat ManCity

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Josko Gvardiol ke Manchester City memunculkan sebuah harapan. Dengan hadirnya Gvardiol, lini belakang ManCity digadang-gadang jadi yang paling sempurna di Premier League.

Bukan tanpa alasan, karena sebelum Gvardiol hadir, ManCity sudah memiliki bek tengah sekelas Ruben Dias, Manuel Akanji, hingga John Stones. Kini, dengan hadirnya Gvardiol, opsi ManCity kian berlimpah.

Gvardiol ditebus oleh ManCity dengan mahar sebesar 77,5 juta poundsterling atau setara Rp1,4 triliun. Bukan mahar yang murah, tapi Gvardiol dianggap ManCity layak ditebus dengan harga tersebut.

IDN Times merangkum fakta-fakta menarik kedatangan Gvardiol, termasuk alasan ManCity mendatangkannya dengan harga mahal. Berikut ulasannya.

1. Cepat dan cerdas

Gvardiol, dijelaskan oleh Direktur Teknik ManCity, Txiki Begiristain, menawarkan segalanya sebagai seorang bek tengah. Tak cuma tangguh dalam berduel, menurut Txiki, Gvardiol memiliki kecerdasan dan kecepatan ketika sedang menguasai bola.

Txiki juga melihat Gvardiol memiliki visi permainan yang prima. Pun, penguasaan bolanya bagus.

"Dia cepat, kompetitif, suka bertarung, kuat di udara, impresif dalam menguasai bola, percaya diri, dan berkarakter. Kaki kirinya mematikan. Dia memberikan opsi yang bagus di lini belakang," ujar Txiki dilansir Manchester Evening News.

Baca Juga: Siap Bajak Bernardo Silva dari ManCity, Al Hilal Siapkan Rp3,7 Triliun

2. Jadi bek termahal kedua dunia

3 Fakta Kedatangan Josko Gvardiol ke Manchester CityJosko Gvardiol (twitter.com/RBLeipzig)

Harga mahal tak berpengaruh buat ManCity. Dengan usianya yang masih 21 tahun, Gvardiol layak dihargai selangit.

Kini, Gvardiol menjadi bek termahal kedua sepanjang sejarah. Dia masih kalah dari Harry Maguire yang ditebus MU senilai 80 juta poundsterling pada 2019 lalu.

"Usianya masih muda, perkembangannya luar biasa. Dia sangat percaya diri bisa berkembang di ManCity bersama Pep dan stafnya," kata Txiki.

Baca Juga: ManCity Resmi Rekrut Bek Tertangguh Piala Dunia 2022 Josko Gvardiol

3. Bikin Guardiola pusing

3 Fakta Kedatangan Josko Gvardiol ke Manchester CityJosko Gvardiol (teamtalk.com)

Hadirnya Gvardiol bikin pusing Guardiola. Sebab, ManCity kini punya enam bek tengah. Selain Gvardiol, ada Dias, Akanji, Stones, Nathan Ake, dan Aymeric Laporte.

Tapi, Guardiola sebenarnya sudah mengubah peran dari beberapa pemain. Ake belakangan dimainkan di sektor bek sayap. Sementara, Stones sudah bertransformasi menjadi gelandang bertahan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya