3 Kelebihan Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17

Frank Wormuth punya rekam jejak bagus di Jerman

Jakarta, IDN Times - Frank Wormuth secara resmi diangkat PSSI sebagai konsultan Timnas Indonesia U-17 per Minggu (23/7/2023). Dia dikontrak oleh PSSI selama empat bulan, alias hingga Piala Dunia U-17 digelar di Indonesia akhir 2023 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku tak sembarangan merekrut Wormuth. Meski namanya kurang terkenal, Wormuth sejatinya memiliki rekam jejak yang cukup mentereng di dunia kepelatihan, khususnya saat menjadi konsultan.

Berikut IDN Times sajikan tiga kelebihan mengapa PSSI menunjuk Wormuth jadi konsultan Timnas U-17.

1. Disegani di Jerman

3 Kelebihan Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17Frank Wormuth (YouTube.com/FC Groningen)

Wormuth merupakan salah satu pelatih yang disegani di Jerman. Pria 62 tahun tersebut bahkan pernah menduduki jabatan paling mentereng Federasi Sepak bola Jerman (DFB), yakni kepala instruktur pelatih.

Bisa dibilang, Wormuth sejajar dengan Ralf Rangnick dalam urusan pembinaan pelatih di level federasi.

Eks Direktur Timnas Jerman dan Pengembangan Sepak bola DFB, Oliver Bierhoff, mengakui kalau Wormuth merupakan salah satu yang paling berjasa dalam mengembangkan kualitas pelatih di Jerman.

"Saya tak bisa menepis, bekerja bersama Frank selalu menyenangkan dan tertata untuk mengembangkan DFB Academy," ujar Bierhoff di situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17

2. Pribadi yang luwes, tapi teliti

3 Kelebihan Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17Frank Wormuth (YouTube.com/FC Groningen)

Pribadi Wormuth juga cukup menarik dan interaktif. Pria 62 tahun tersebut memiliki pemikiran yang terbuka. Wormuth juga termasuk orang yang teliti untuk mengembangkan sebuah tim dari belakang meja.

"Dia menarik, teliti, dan pendekatannya inovatif. Akademi Hennes Weisweller dibawanya ke leverl berbeda. Dia mendidik pelatih profesional selama lebih dari satu dekade," kata Bierhoff.

Baca Juga: Profil Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17 yang Ditunjuk PSSI

3. Jaringan luas

3 Kelebihan Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17Frank Wormuth (instagram.com/fcgroninge)

Dengan catatan macam itu, sudah pasti Wormuth memiliki koneksi yang luas di Jerman. Ini akan menguntungkan PSSI saat menggelar pemusatan latihan (TC) untuk Timnas U-17 di Negeri Bavaria.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengakuinya. Wormuth, menurut Erick, akan membantu Timnas U-17 dengan koneksi serta pemikirannya.

"Ada rencana TC ke Jerman sejak September hingga Oktober 2023. Jaringan Frank di Jerman akan membantu mematangkan Timnas U-17 dan staf pelatih," ujar Erick di situs resmi PSSI.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya