AS Tuan Rumah Piala Dunia Klub Format Baru, Ada 32 Peserta

Format dan sistemnya baru

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Klub 2025. Nantinya, pada 2025 nanti, Piala Dunia Klub menggunakan format baru.

Pada edisi 2025, Piala Dunia klub akan diramaikan dengan 32 peserta. Ini menjadi gong penerapan sistem baru dalam kompetisi yang diumumkan secara resmi oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada final Piala Dunia 2022 lalu.

Nantinya 32 tim yang terlibat akan terdiri dari sejumlah klub dengan kategori tertentu. Bagaimana skemanya?

1. Ada 12 klub Eropa yang meramaikan

AS Tuan Rumah Piala Dunia Klub Format Baru, Ada 32 PesertaDaniel Carvajal saat meraih trofi Liga Champions Eropa bersama Real Madrid. (uefa.com)

Setidaknya, ada 12 klub Eropa yang akan ambil bagian. Tiga di antaranya adalah Chelsea, Real Madrid, dan Manchester City. Mereka merupakan juara Liga Champions sejak tiga edisi terakhir.

Kemudian, juara Liga Champions 2023/24 akan mendapat tiket ke Piala Dunia Klub 2025. Baru delapan sisanya merupakan tim dengan koefisien klub tertinggi di UEFA.

Baca Juga: Arab Saudi Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia 2030

2. Asia cuma kirim empat

AS Tuan Rumah Piala Dunia Klub Format Baru, Ada 32 PesertaUrawa Red Diamonds juara AFC Champions League 2022/2023 (instagram.com/urawaredsofficial)

Bergeser ke Asia, jatahnya ada empat. Al-Hilal dan Urawa Red Diamonds sudah pasti lolos karena statusnya sebagai juara Liga Champions Asia edisi 2021/22 dan 2022/23.

Lalu, juara dari Liga Champions musim 2023/24, dipastikan berlaga pula. Satu slot tersisa, diberikan kepada tim asal Asia dengan koefisien tertinggi.

3. CONMEBOL buntuti UEFA

AS Tuan Rumah Piala Dunia Klub Format Baru, Ada 32 Pesertaesporteinteligente.com.br

Sementara, zona CONMEBOL menyumbang wakil terbanyak kedua di Piala Dunia Klub. Mereka akan mengirimkan enam wakil dengan dua yang sudah pasti, Palmeiras dan Flamengo.

Lalu, juara Copa Libertadores 2023 dan 2024 dipastikan berlaga. Sebanyak dua tiket tersisa, diambil klub asal CONMEBOL dengan koefisien tertinggi.

Baca Juga: Lionel Messi Pastikan Tak Main di Piala Dunia 2026

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya