Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022

Hanya ada enam pemain yang berlaga di J-League

Jakarta, IDN Times - Jepang menjadi negara pertama yang mengumumkan skuad utama untuk mengarungi Piala Dunia 2022. Dari 26 pemain yang dipanggil, sebanyak 80 persen merumput di luar negeri.

Kebanyakan, mereka main di pentas Eropa dengan tampil dalam kompetisi Premier League, Bundesliga, LaLiga, hingga Ligue 1. Hanya ada enam pemain yang merumput di kompetisi lokal. Menariknya, empat dari enam pemain yang main di kompetisi lokal usianya sudah melewati kepala tiga.

1. Yuto Nagatomo, sang naga dari Jepang

Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022Yuto Nagatomo (twitter.com/YutoNagatomo5)

Yuto Nagatomo bisa dibilang sebagai pemain Jepang yang paling senior dari kompetisi lokal. Berusia 36 tahun, mantan pemain Inter Milan itu akan melakoni Piala Dunia keempat sepanjang kariernya bersama Samurai Blue.

Nagatomo merupakan pemain paling senior dan kaya pengalaman di skuad Jepang sekarang dengan 137 caps yang dicetak sejak 2008 silam. Meski usianya sudah senja, Nagatomo masih menjadi andalan di pos bek kiri Jepang.

Pemain senior lainnya adalah Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, dan Shogo Taniguchi. Empat pemain ini, merupakan pemain pilar di lini belakang Jepang.

Baca Juga: Akibat Judi, Striker Inggris Terancam Tak Main di Piala Dunia

2. Yang lebih muda malah kurang greget

Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022Hajime Moriyasu (twitter.com/jfa_en)

Dua pemain dari kompetisi lokal yang tembus skuad Jepang buat Piala Dunia adalah Miki Yamane dan Yuki Soma. Menariknya, Yamane yang lebih muda ketimbang Sakai, justru hanya jadi pelapis.

Sementara, Soma menjadi satu-satunya pemain di lini serang yang dipanggil dari kompetisi lokal. Namun, Soma belum mendapat jam terbang tinggi karena pesonanya masih kalah dari mereka yang main di kompetisi Eropa.

Baca Juga: Prancis Tanpa Pogba dan Kante di Piala Dunia 2022, Bisa Apa?

3. Dominan pemain yang berlaga di Eropa

Jepang Rasa Eropa di Piala Dunia 2022Takefusa Kubo (instagram.com/takefusa.kubo)

Tak bisa dimungkiri, pelatih Hajime Moriyasu juga lebih banyak memanggil pemain yang merumput di Eropa. Takumi Minamino, Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma, Takuma Asano, hingga Takehiro Tomiyasu, masih menguasai starting XI Jepang.

Bek Schalke 04, Maya Yoshida, juga masih diandalkan buat menjaga benteng pertahanan Jepang di Piala Dunia nanti. Kemungkinan besar, Yoshida masih mengemban tugas sebagai kapten tim.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya