Comscore Tracker

Messi Sebenarnya Rela Dapat Gaji Cuma 2 Tahun di Barcelona

Lionel Messi membuktikan loyalitasnya bersama Barcelona

Jakarta, IDN Times - Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengungkapkan fakta kalau Lionel Messi sejatinya telah sepakat dengan kontrak baru berdurasi lima tahun. Dalam kontrak baru yang disodorkan manajemen Barcelona, Messi juga bersedia menerima pemotongan gaji secara signifikan.

Dalam konferensi pers, Laporta menuturkan kalau Messi sebenarnya sepakat cuma menerima gaji selama dua tahun dengan nominal yang diterima di kontrak sebelumnya. Artinya, Messi terima kurang dari setengah total gaji berdurasi lima tahun.

Sebagai gambaran, gaji La Pulga di kontrak sebelumnya adalah 75 juta euro atau setara Rp1,2 triliun per tahun. Dengan kontrak barunya, Messi cuma terima 150 juta euro atau senilai Rp2,4 triliun dalam dua tahun.

"Kami menyodorkan Leo kontrak berdurasi lima tahun. Tapi, Leo mau dibayar cuma dua tahun. Secara finansial, tawaran kami begitu lemah. Tapi, Messi mau menerimanya," kata Laporta dalam konferensi pers lewat Barca TV.

1. Segala cara dilakukan, tapi percuma

Messi Sebenarnya Rela Dapat Gaji Cuma 2 Tahun di BarcelonaInfografis Lionel Messi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Laporta dan jajarannya sudah melakukan segala cara agar Messi bisa bertahan. Termasuk, memotong gaji sejumlah pemain Barcelona.

Tapi, hal itu tak cukup. Sebab, beban gaji Barcelona tak cukup untuk mengakomodir aturan salary cap yang ditetapkan LaLiga.

"Kami sudah punya jalan keluar buat Financial Fair Play. Hanya saja, aturan LaLiga begitu ketat. Mereka tak mengizinkannya," terang Laporta.

Baca Juga: Dunia Gempar Lionel Messi Cabut dari Barcelona

2. Tak mau beri harapan palsu

Messi Sebenarnya Rela Dapat Gaji Cuma 2 Tahun di BarcelonaPemain Paris St Germain Angel Di Maria menyapa pemain Barcelona Lionel Messi usai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis (10/3/2021). Meski PSG hanya bermain imbang 1-1 lawan Barcelona pada laga leg kedua, PSG unggul agregat skor 4-1 berkat kemenangan pada leg pertama sehingga berhasil menyingkirkan Barcelona dan berhasil maju ke perempatfinal Liga Champions. ANTARA FOTO/REUTERS / Gonzalo Fuentes

Ditegaskan pula oleh Laporta, publik jangan berharap banyak ada keajaiban Messi kembali ke Barcelona. Sebab, situasinya serba sulit.

"Saya tak mau berandai-andai atau memberi harapan. Pada dasarnya, ini era baru buat Barcelona," ujar Laporta.

Ada dilema dihadapi manajemen Barcelona, menyelamatkan Messi atau keuangan klub yang goyang akibat pandemik COVID-19.

"Tak ada pemain yang lebih besar dari klub. Jadi, kami dengan menyesal melakukan hal ini. Kami berharap yang terbaik buat Leo dan keluarganya. Dia punya opsi," terang Laporta.

3. Menuju Paris?

Messi Sebenarnya Rela Dapat Gaji Cuma 2 Tahun di BarcelonaDaily Mirror / Bintang Barcelona, Lionel Messi, tertunduk lesu pasca timnya diimbangi Levante

Saat ini, Paris Saint-Germain begitu agresif mendekati Messi. Mereka cukup percaya diri bisa merekrut Messi dan menciptakan trio MNM, Messi-Neymar-Kylian Mbappe.

Pendekatan secara personal sudah dilakukan. Perwakilan La Pulga juga telah berdiskusi terkait detail gaji dan urusan personal lainnya.

Baca Juga: PSG Kembali Berjudi Demi Lionel Messi

Topic:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya