Comscore Tracker

Pengaruh Besar Puasa ke Pemain Timnas Indonesia

Shin Tae Yong kesulitan dongkrak fisik pemain

Jakarta, IDN Times - Puasa ternyata punya pengaruh besar terhadap kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia. Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, menyatakan para pemainnya saat ini mengalami kekurangan gizi akibat menjalani ibadah puasa.

Dengan begitu, Shin harus bekerja keras untuk meningkatkan fisik para pemainnya. Di samping itu, Shin juga harus mendongkrak mental anak-anak asuhnya agar tak jatuh saat tampil dalam tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022, Qatar.

"Susah buat meningkatkan fisik. Mental juga begitu. Jujur saja, saat ini pemain kekurangan gizi karena puasa. Jadi PR tersendiri," terang Shin dalam sesi latihan Selasa kemarin (11/5/2021).

1. Jadi PR besar selama pandemik

Pengaruh Besar Puasa ke Pemain Timnas IndonesiaPSSI.org / Winger Timnas Indonesia, Osvaldo Haay

Fisik sebelumnya sudah jadi PR besar buat Shin di Timnas. Sebab, kompetisi Indonesia tak bergulir selama setahun.

Gelaran Piala Menpora 2021 belum cukup untuk mengembalikan kebugaran pemain. Atas dasar inilah, Shin lebih banyak memanfaatkan pemain muda, karena kondisi fisiknya dianggap lebih prima.

"Dengan fisik yang kuat, kami bisa bersaing dengan lawan di kualifikasi Piala Dunia nanti," jelas Shin.

Baca Juga: Daftar 28 Pemain yang Dibawa Timnas Indonesia ke Dubai

2. Mental pemain juga jadi sorotan

Pengaruh Besar Puasa ke Pemain Timnas IndonesiaDokumentasi PSSI / Skuad Timnas Indonesia menjalani uji coba internal terakhir jelang ke Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (11/5/2021)

Persoalan pemain muda biasanya mental. Shin menyadarinya. Apalagi, posisi Indonesia di klasemen Grup G sudah terpojok.

Belum pernah menang di lima laga kualifikasi, semuanya berujung kekalahan, bisa saja bikin para pemain jadi minder.

"Mental akan diubah perlahan. Harus diberikan motivasi tambahan dan mereka harus menunjukkan performa yang lebih baik lagi demi mendongkraknya," kata mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

3. Sudah umumkan 28 pemain utama Timnas

Pengaruh Besar Puasa ke Pemain Timnas IndonesiaDokumentasi PSSI / Skuad Timnas Indonesia melakoni uji coba internal terakhir jelang keberangkatan ke Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (11/5/2021)

Sebanyak 28 pemain yang dibawa oleh Timnas ke Dubai, Uni Emirat Arab, telah diumumkan oleh Shin. Ada 10 pemain yang didepak dari pemusatan latihan (TC).

Beberapa nama beken seperti Ilija Spasojevic saja tersingkir. Nama yang jadi kontroversi pun, Arthur Irawan, juga tak masuk skuad utama.

Baca Juga: Asyik, THR Buat Pemain Timnas Indonesia Sudah Cair

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya