Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai Harapan

Gak bebas panggil pemain incarannya

Jakarta, IDN Times - Jelang duel melawan Malaysia di Piala AFF U-23, Jumat (18/8/2023), pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, buka-bukaan soal skuadnya. Shin mengakui, susunan skuad yang dibawanya sekarang tak sesuai harapan.

Memang, dalam masa persiapan, Shin tak mampu memanggil pemain terbaiknya untuk memperkuat Timnas U-23. Itu disebabkan beberapa klub tak mau melepas para pemainnya. Dan memang, itu menjadi hak klub karena Piala AFF U-23 digelar di luar kalender resmi FIFA.

"Kami memiliki masalah dalam masa persiapan turnamen. Banyak pemain terbaik saya tak bisa bergabung karena turnamen bersamaan dengan kompetisi domestik. Tapi, saya rasa masalah serupa juga dialami tim lain," ujar Shin, Kamis (17/8/2023).

1. Yakin Timnas U-23 bisa bicara banyak

Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai HarapanPotret latihan Timnas U-23 jelang Piala AFF U-23 2023 di Thailand. (pssi.org).

Shin juga menuturkan kebanyakan pemain yang dibawanya merupakan pelapis di masing-masing klub. Demi memperdalam skuad, Shin sampai harus mengombinasikan jebolan Timnas U-23 di SEA Games 2023 dengan pemain baru.

Tapi, Shin percaya kalau Timnas U-23 bisa melaju jauh, karena perkembangan sepak bola nasional berjalan begitu baik.

"Dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Indonesia memang sudah berkembang. Prosesnya panjang, SEA Games 2023 menjadi pemicunya. Sejauh ini, memang perkembangan sepak bola Indonesia begitu baik," kata Shin.

Baca Juga: Malaysia Remehkan Timnas U-23 di Piala AFF

2. Fokusnya Piala Asia U-23, bukan Piala AFF

Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai HarapanPotret Timnas U-23 Indonesia saat meninggalkan hotel menuju bandara, Senin (14/8/2023). (IDN Times/Tino).

Piala AFF U-23 juga terkesan bukan jadi prioritas Shin. Sebab, terlihat dia lebih fokus untuk menyiapkan tim demi menghadapi Piala Asia 2023 mendatang. Shin juga lebih fokus untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2024 yang mulai digelar sejak September 2023 mendatang.

"Terkait Asian Games, saya mendengar Tim U-22 yang disiapkan. Kami lebih fokus untuk menyiapkan tim demi Kualifikasi Piala Asia U-23 dan lolos ke Qatar," ujar Shin.

Baca Juga: Erick Thohir Sentil Balik Persija dan PSM Gegara Persulit Timnas

3. Malaysia juga punya masalah serupa

Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai HarapanPotret Malaysia U-23 latihan jelang Piala AFF U-23 2023. (Twitter/@FAM_Malaysia).

Timnas U-23 memang tak diberikan beban pada Piala AFF kali ini. Hanya saja, melihat peta persaingan, Garuda Muda seharusnya bisa lolos ke fase gugur.

Bersaing dengan Malaysia dan Timor Leste di Grup B, tampak tak terlalu berat buat Timnas U-23. Terlebih, sejatinya Malaysia juga memiliki masalah serupa dengan Timnas U-23.

"Saya sepakat dengan coach Shin. Malaysia punya masalah serupa karena kompetisi memang masih berlangsung," kata pelatih Malaysia, Elangowan Elvarasan.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya