Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji Kematangan

Shin tak anggap serius Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, menyatakan Piala AFF U-23 bukan menjadi prioritasnya. Bagi Shin, Piala AFF U-23 merupakan ajang uji kematangan skuadnya demi turnamen yang lebih besar.

Shin memang tak bisa menurunkan skuad terbaiknya di Piala AFF U-23. Sejumlah pemain seperti Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, hingga Witan Sulaeman, tak bisa dipakai olehnya.

Maka dari itu, Shin menyadari ini kesempatan buatnya untuk menguji para pemain yang kurang mendapatkan jam terbang untuk tampil.

Baca Juga: Malaysia Remehkan Timnas U-23 di Piala AFF

1. Cuma turnamen persahabatan

Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji KematanganPotret Timnas U-23 Indonesia saat meninggalkan hotel menuju bandara, Senin (14/8/2023). (IDN Times/Tino).

Piala AFF U-23, menurut Shin, cuma ajang uji coba. Dia tak melihat turnamen ini sebagai sebuah hal yang serius.

"Saya merasa ini sebagai sebuah turnamen persahabatan," ujar Shin, Kamis (17/8/2023).

2. Skuad gak sesuai harapan

Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji KematanganPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, jelang duel lawan Malaysia di Piala AFF U-23 (Dokumentasi PSSI)

Secara jujur, Shin mengaku skuad yang dibawanya ke Thailand tak sesuai harapannya. Dia mengaku sulit buat membentuk tim impian karena memang kompetisi sedang berjalan dan Piala AFF U-23 tak masuk kalender FIFA. Shin pun menyadari klub tidak memiliki kewajiban buat melepas pemainnya ke Timnas.

"Rasanya, semua tim mengalami masalah yang sama. Kompetisi domestik sedang berjalan dan kami cuma bisa membawa skuad yang ada sekarang, mereka merupakan pelapis di klub masing-masing," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai Harapan

3. Masih ada hal positif yang bisa dipetik

Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji KematanganTimnas U-23 menggelar latihan perdana di Lapangan A GBK, Kamis (10/8/2023). (IDN Times/Tino).

Meski begitu, Shin menilai tetap ada hal positif yang dipetiknya. Setidaknya, Piala AFF U-23 bisa menjadi uji kemampuan buat para pemain baru yang diproyeksikannya untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23.

"Fokus saya sekarang adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 bulan depan agar bisa lolos ke putaran final -23 di Qatar. Di Piala AFF U-23, saya akan mencoba melakukan sesuatu dan mencoba pemain baru," jelas Shin.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya