Timnas U-23 Kehilangan 2 Pemain Akibat Sanksi AFC

AFC tegaskan dua pemain Indonesia statusnya terhukum

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kabar tak enak jelang duel melawan Malaysia, Jumat (18/8/2023). Mereka dipastikan kehilangan dua pemainnya, Titan Agung dan Komang Teguh, karena masih dibelit sanksi AFC.

Titan dan Komang memang medapatkan sanksi skorsing dari AFC sebanyak enam laga internasional, akibat keributan di SEA Games 2023. Awalnya, kedua pemain ini diprediksi bisa berlaga karena Piala AFF U-23 dianggap sebagai turnamen yang tak resmi.

Namun, dilansir ASEAN Football, belakangan AFC mengirimkan surat kepada PSSI terkait status dua pemain tersebut. Titan dan Komang, nyatanya gak bisa main karena sanksi dari AFC tetap diaplikasikan pada turnamen ini.

1. Timnas U-23 kekurangan pemain

Timnas U-23 Kehilangan 2 Pemain Akibat Sanksi AFCPemain Timnas Indonesia U-22, Titan Agung, merayakan gol ke gawang Kamboja (Dokumentasi PSSI)

Dengan begitu, Timnas U-23 kekurangan pemain. Mereka hanya bermodalkan 21 pemain di Piala AFF U-23 2023.

Hal ini pasti membuat pelatih Shin Tae Yong pusing. Sebab, dalam konferensi pers jelang laga, Shin sudah mengakui kalau tim yang dibawanya tak sesuai harapan.

"Kami memiliki masalah dalam masa persiapan turnamen. Banyak pemain terbaik saya tak bisa bergabung karena turnamen bersamaan dengan kompetisi domestik. Tapi, saya rasa masalah serupa juga dialami tim lain," ujar Shin, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga: Malaysia Remehkan Timnas U-23 di Piala AFF

2. Shin Tae Yong anggap Piala AFF U-23 laga persahabatan

Timnas U-23 Kehilangan 2 Pemain Akibat Sanksi AFCPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, jelang duel lawan Malaysia di Piala AFF U-23 (Dokumentasi PSSI)

Shin juga sebenarnya tak menganggap Piala AFF U-23 dengan serius. Dia hanya ingin menjadikan turnamen ini sebagai uji coba untuk mematangkan skuadnya.

"Saya merasa ini sebagai sebuah turnamen persahabatan," ujar Shin.

3. Cuma ajang uji kematangan

Timnas U-23 Kehilangan 2 Pemain Akibat Sanksi AFCPotret latihan Timnas U-23 jelang Piala AFF U-23 2023 di Thailand. (pssi.org).

Shin menilai tetap ada hal positif yang dipetiknya. Setidaknya, Piala AFF U-23 bisa menjadi uji kemampuan buat para pemain baru yang diproyeksikannya untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23.

"Fokus saya sekarang adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 bulan depan agar bisa lolos ke putaran final -23 di Qatar. Di Piala AFF U-23, saya akan mencoba melakukan sesuatu dan mencoba pemain baru," jelas Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai Harapan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya