Van Dijk Kena Hukuman Tambahan Usai Serang Wasit

Liverpool krisis jelang lawan Wolves

Jakarta, IDN Times - Kapten Liverpool, Virgil van Dijk, dipastikan absen lebih lama. Komisi Disiplin Federasi Sepak bola Inggris (FA) menjatuhkan hukuman tambahan satu laga kepada Van Dijk.

Hukuman itu diberikan karena Van Dijk tertangkap basah melayangkan kata-kata kasar ke wasit John Brooks dalam kemenangan atas Newcastle United, 27 Agustus 2023 lalu. Tak cuma itu, Van Dijk memaki ofisial keempat saat hendak masuk lorong pemain.

Selain dijatuhi tambahan skorsing, Van Dijk juga harus membayar denda sebesar 100 ribu poundsterling atau setara Rp1,9 miliar.

1. Van Dijk akui kelewat batas

Van Dijk Kena Hukuman Tambahan Usai Serang WasitVirgil van Dijk (twitter.com/VirgilvDijk)

Komdis FA menilai Van Dijk terbukti bersalah dalam kejadian itu. Van Dijk dianggap telah melakukan tindakan di luar batas dan bersikap tak sopan.

"Bek itu mengakui sudah kelewatan dan menggunakan kata-kata kasar kepada ofisial pertandingan setelah diusir pada menit 29. Sanksi dijatuhkan oleh Komisi Regulasi Independen," begitu pernyataan resmi FA dilansir Metro.

Baca Juga: Liverpool Tanpa Sadar Sudah Punya Pengganti Salah

2. Harusnya, Van Dijk bisa lebih tenang

Van Dijk Kena Hukuman Tambahan Usai Serang WasitVirgil Van Dijk. (eurosport.com)

Memang, menurut mantan wasit Premier League, Mike Dean, kelakuan Van Dijk sudah kelewat batas. Dean mengakui Brooks salah dalam memberikan hukuman ke Van Dijk.

Tapi, reaksi Van Dijk berlebihan dan membuat Liverpool jadi susah mengajukan banding atas kartu merahnya.

Baca Juga: Liverpool Harus Ubah Skema Usai Gravenberch Datang

3. Liverpool krisis bek lawan Wolves

Van Dijk Kena Hukuman Tambahan Usai Serang WasitTrent Alexander-Arnold cedera. (foxsports.com.au)

Dengan tambahan skorsing satu laga Van Dijk, Liverpool pasti pusing. Manajer Juergen Klopp harus putar otak dalam menyusun lini belakangnya.

Sebab, Trent Alexander-Arnold juga bermasalah dalam duel melawan Aston Villa. Dia cedera dan kemungkinan harus absen pula dalam duel melawan Wolverhampton Wanderers, 16 September 2023.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya