Wejangan Arteta ke Arsenal yang Masih Hijau di Liga Champions

Arteta punya pengalaman di Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Arsenal akhirnya kembali ke Liga Champions setelah absen selama enam setengah tahun. Laga melawan PSV Eindhoven di Emirates Stadium, Kamis dini hari WIB (21/9/2023), akan menandakan comeback Arsenal ke kompetisi tertinggi antar klub Eropa itu.

Manajer The Gunners, Mikel Arteta, mengaku begitu antusias dalam menyambut laga melawan PSV. Sebab, Arsenal sudah begitu lama merindukan Liga Champions.

"Bangga dan begitu antusias, saya bisa katakan demikian. Sudah lama klub ini absen. Apalagi, ini pertama kali saya jadi manajer menemani tim di sini. Kami begitu menantikannya," ujar Arteta dilansir Metro.

Baca Juga: Kai Havertz Masih Loyo, Kena Cibir Fans Arsenal

1. Arteta sempat gemetar lihat Maldini

Wejangan Arteta ke Arsenal yang Masih Hijau di Liga ChampionsMikel Arteta. (skysports.com)

Arteta merasa duel melawan PSV merupakan ujian buat skuad muda Arsenal. Dia menyadari laga dini hari nanti WIB bisa menjadi momen untuk menilai apakah anak-anak asuhnya sudah siap main di Liga Champions atau belum.

Sebuah kenangan terbersit di kepalanya, ketika masih membela Paris Saint-Germain di 2001 silam dan harus main melawan AC Milan dalam Liga Champions. Sebagai pemain muda, Arteta mengaku gemetar.

Maklum saja, karena dia harus berada dalam satu lapangan dengan bintang-bintang di masa itu seperti Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, hingga Alessandro Nesta.

"Sebelumnya, saya main di divisi dua Spanyol. Tapi, sepekan setelahnya langsung main di San Siro dengan PSG, bertemu Maldini, Costacurta, dan merasa takut. Mereka begitu rapi, saat saya lihat di lorong. Kala itu, saya masih 17 tahun dan berpikir siap atau tidak untuk hal macam ini," kata Arteta.

2. Pengalaman yang berharga

Wejangan Arteta ke Arsenal yang Masih Hijau di Liga Championsarsenal.com

Pengalaman tersebut menjadi sangat berharga buat Arteta. Kini, dia tahu apa yang dirasakan anak-anak asuhnya.

Makanya, pria Spanyol itu meminta kepada para pemain Arsenal untuk percaya diri dan tak takut.

"Ada pelajaran yang diambil. Ketika masuk lapangan, lakukan kebiasaan sehari-hari ketika latihan. Perlakukan itu secara natural, hadapi seperti biasanya," ujar Arteta.

Baca Juga: David Raya Jadi Tembok Kokoh Baru Arsenal

3. Wajib menang di laga comeback

Wejangan Arteta ke Arsenal yang Masih Hijau di Liga ChampionsPara pemain Arsenal saat juara Community Shield usai mengalahkan Manchester City (Sky Sports)

Tentunya, Arteta mengincar kemenangan di comeback Arsenal ke Liga Champions. Apalagi, Arsenal main di kandang dan harus memuaskan fansnya.

"Kami harus tampil habis-habisan, apalagi main di kandang. Saya yakin suporter juga begitu antusias. Kami harus mengatasi situasi dan menikmati tantangan yang ada," kata Arteta.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya