10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil Pertama

Brasil, lalu disusul Jerman!

Piala Dunia tentu melahirkan rekor-rekor dalam berbagai hal, salah satunya adalah rekor negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Brasil menjadi salah satu negara yang rutin berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia sehingga tidak heran jika Brasil mendapatkan julukan sebagai negara sepak bola.

Selain Brasil, ada juga beberapa negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Berikut ini adalah 10 negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Baca Juga: 15 Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Ada Milik Maradona

1. Brasil (229 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaTimnas Brasil (instagram.com/cbf_futebol)

Brasil berada pada urutan pertama sebagai negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Sebanyak 229 gol sudah Brasil kumpulkan dari seri-seri Piala Dunia sebelumnya.

Seperti yang diketahui, banyak pemain-pemain legenda yang berasal dari Brasil seperti Pele, Ronaldo, Ronaldinho, dan lainnya. Ronaldo turut berpartisipasi dalam Piala Dunia 1998, 2002, dan 2006 serta berhasil menyumbangkan sebanyak 15 gol.

Lalu, ada sang legenda, Pele, yang mencetak 12 gol dalam pertandingan Piala Dunia 1958, 1962, 1966, dan 1970. Selain itu, Brasil juga memegang rekor sebagai negara yang paling banyak menang di Piala Dunia.

2. Jerman (226 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil Pertamabola.net

Menyusul Brasil, Jerman menjadi negara kedua yang mencetak gol terbanyak di Piala Dunia, yaitu sebanyak 226 gol. Beberapa pemain terbaik yang turut andil dalam mencetak gol adalah diantaranya Miroslav Klose, Gerd Muller, dan juga Jurgen Klinsmann.

Jika diakumulasi akan terhitung sebanyak 41 gol dari tiga pemain tersebut. Jerman dapat menyalip Brasil dengan cepat mengingat selisih tiga gol ini bukanlah angka yang tinggi.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Catatkan Gol di Piala Dunia 2022

3. Argentina (137 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaTimnas Argentina pada sesi foto tim sebelum bertanding di lapangan. (instagram.com/leomessi)

Beberapa pemain legendaris yang terkenal dari Argentina adalah Lionel Messi, Maradona, Javier Mascherano, serta Mario Kempes. Sudah menjadi rahasia umum jika Argentina adalah salah satu tim kuat dalam ajang Piala Dunia.

Argentina pernah menyabet dua gelar juara di Piala Dunia 1978 dan 1986. Selisih gol yang dimiliki Argentina cukup jauh dari dua negara sebelumnya. Argentina berhasil mencetak 137 gol di Piala Dunia.

4. Italia (128 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaInstagram.com/infoazzurri

Negara yang terletak di bagian Eropa Selatan ini telah mengamankan gelar juara Piala Dunia sebanyak empat kali pada Piala Dunia 1934, 1938, 1982, dan 2006 dengan total gol sebanyak 128 gol, selisih 9 gol dari Argentina. Meski begitu, performa Timnas Italia dianggap menurun selama satu dekade terakhir ini.

Padahal, pada tahun 1990-an, Italia menjadi kiblat sepak bola dunia. Selain itu, terdapat beberapa pemain terbaik dari Italia, diantaranya adalah Gianluigi Buffon, Franco Baresi, Roberto Baggio, Gianni Rivera, dan Paolo Maldini.

5. Prancis (120 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaGoogle.com

Prancis berhasil memasuki babak final di Piala Dunia 2022 dan berhadapan dengan Argentina. Timnas Prancis dapat mengumpulkan sebanyak 120 gol selama berpartisipasi dalam Piala Dunia. Prancis pun jelas memiliki pemain-pemain hebat diantaranya adalah Paul Pogba, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Ousmane Dembele.

6. Spanyol (99 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil Pertamafootball.london

Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010 ini berhasil mengoleksi sebanyak 99 gol dalam seluruh ajang Piala Dunia. Timnas Spanyol diisi oleh penyerang-penyerang hebat seperti David Villa, Raul Gonzalez, Fernando Torres, David Silva, dan Fernando Hierro.

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! 

7. Inggris (87 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaSkuad Timnas Inggris saat bersiap menghadapi Timnas Albania. (Instagram.com/england)

Sepak bola berkembang pesat di Inggris sehingga menjadikan Inggris sebagai negara terbanyak yang memiliki klub-klub besar dan cemerlang. Beberapa nama seperti Gary Lineker, Harry Kane, Geoff Hurst, Bobby Charlton, dan Michael Owen berhasil menyumbang banyak gol untuk Timnas Inggris di Piala Dunia berbagai seri. Secara keseluruhan, Timnas Inggris dapat mengumpulkan sebanyak 87 gol dalam ajang Piala Dunia.

8. Uruguay (87 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil Pertamapotret Uruguay saat menjuarai Copa America(investliveuruguay.com)

Uruguay tidak berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, Uruguay menjadi negara urutan ke-8 dalam urusan negara pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Uruguay pernah dua kali mendapatkan gelar juara Piala Dunia tahun 1930 dan 1950.

Uruguay berhasil mencetak 87 gol dalam Piala Dunia dengan beberapa pemain legendaris yang berasal dari negara ini diantaranya Oscar Miguel, Luis Suarez, Diego Forlan, Pedro Cea, dan Juan Alberto Schiaffino.

9. Hungaria (87 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil PertamaTim nasional Hungaria. (dailynewshungary.com)

Hungaria termasuk ke dalam negara yang sering mendapatkan kekalahan di final Piala Dunia. Meski begitu, Hungaria memiliki seorang legenda bernama Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis.

Pada tahun 1950-an, sepak bola Hungaria terkenal hebat, tapi sayangnya saat ini prestasinya merosot. Hungaria mencetak sebanyak 87 gol dalam Piala Dunia.

10. Belanda (86 gol)

10 Negara Dengan Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia, Brasil Pertamatalksport.com

Selain Hungaria, Belanda juga termasuk ke dalam negara yang sering mendapatkan kekalahan di final Piala Dunia. Belanda telah mengumpulkan 86 gol dalam Piala Dunia.

Beberapa pemain terbaiknya sepanjang masa diantaranya adalah Robin van Persie, Memphis Depay, Patrick Kluivert, Dennis Bergkamp, dan Arjen Robben.

Itulah deretan negara dengan pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Ada jagoanmu ngga, nih?

Baca Juga: 13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya