7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir Kalinya

Pemain-pemain ini sudah memiliki umur yang cukup tua

Jakarta, IDN Times - Berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar, Piala Dunia 2022 merupakan momentum unjuk gigi para bintang lapangan. Meski banyak yang berlomba-lomba ingin menjadi sorotan, tak sedikit pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali.

Deretan pemain ini diperkirakan sulit untuk bersaing di tim nasional (timnas) dalam empat tahun ke depan lantaran berbagai faktor, misalnya usia. Meski bakal absen usai turnamen Piala Dunia tahun ini, keikutsertaan mereka pada edisi-edisi sebelumnya patut diacungi jempol.  

Perkiraan absennya sejumlah pemain timnas ini pun mencakup nama-nama beken, seperti Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak daftar tujuh pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali berikut ini.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaCristiano Ronaldo sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/Cristiano)

Satu lagi pemain yang kemungkinan bakal tampil di Piala Dunia untuk terakhir adalah Cristiano Ronaldo. Penggawa Manchester United ini telah memperkuat timnas Portugal sejak tahun 2003.

Sepanjang karier Piala Dunianya, Ronaldo lolos di edisi 2006, 2010, 2014, dan 2018. Walau belum bisa menyabet trofi untuk Selecao Das Quinas, Ronaldo dan rekan-rekannya sukses membawa pulang juara Piala Eropa 2016.

Mengingat usianya yang telah menginjak 37 tahun, cukup sulit bagi Ronaldo untuk mempertahankan posisinya di Timnas Portugal. Terlebih muncul deretan pemain muda berbakat yang mencuri perhatian, seperti  Joao Felix dan Rafael Leao.

2. Dani Alves (Brasil)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaDani Alves sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/DaniAlvesD2)

Pemain skuad Brasil yang termasuk pemain yang hampir dipastikan tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali adalah Dani Alves. Memulai karier internasionalnya pada tahun 2006, Alves merupakan pemain bintang dengan gelar terbanyak, yaitu mencapai 47 gelar, mengalahkan Lionel Messi dengan 38 gelar.

Meski begitu, Alves diprediksi bakal absen dari turnamen Piala Dunia edisi selanjutnya. Sebab, Alves kini telah memasuki usia 39 tahun yang dianggap sebagai umur veteran bagai para pesepak bola.  

Jika dihitung empat tahun ke depan, usai Alves bakal menginjak 43 tahun. Hal itu tentu jadi fakta yang menyulitkan Alves bersaing dengan para pemain muda Brasil.

Baca Juga: 5 Kakak Adik di Piala Dunia 2022, Ada yang Berbeda Negara

3. Lionel Messi (Argentina)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaLionel Messi sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/WorldCupHQ)

Lionel Messi diprediksi bakal merasakan Piala Dunia terakhirnya di Qatar. Sejak terjun bersama Argentina pada tahun 2005, Messi telah mengikuti empat turnamen Piala Dunia, di antaranya edisi 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Torehan runner up di Piala Dunia 2014 menjadi pencapaian terbaik La Albiceleste. Hanya saja, prestasi itu dinilai masih belum membuat Messi puas.

Kali ini, Messi dan kolega diprediksi bisa meraih gelar paling bergengsi tersebut. Jika itu terwujud, tentu koleksi trofi yang dimiliki Messi sepanjang karier sudah lengkap. Hal itu bakal membuatnya pensiun dengan tenang.

4. Luis Suarez (Uruguay)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaLuis Suárez sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/LuisSuarez9)

Luis Suarez memutuskan untuk pulang kampung dan membela klub Uruguay, Nacional usai tak lagi di Barcelona. Meski berusia 35 tahun, kemampuan Suarez yang masih ciamik membuatnya masuk menjadi bagian skuad Uruguay.

Meski begitu, tak sedikit yang menilai jika Suarez akan menjalani Piala Dunia terakhirnya. Peran striker La Celeste ini pun berpotensi digantikan oleh pemain muda Darwin Nunez dan Martin Satriano.

Baca Juga: Jadwal Penyisihan Grup Piala Dunia Qatar 2022, Catat Ya!

5. Luka Modric (Kroasia)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaLuka Modric sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/lukamodric10)

Kapten timnas Kroasia Luka Modric diperkirakan bakal menjadi pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali. Bintang Real Madrid ini sudah mencicipi asam garam turnamen bergengsi ini. Teranyar, dia mampu membawa skuad Vatreni jadi runner-up Piala Dunia edisi sebelumnya.

Piala Dunia Qatar 2022 dianggap jadi kesempatan terakir Modric yang telah menginjak 37 tahun, yang berarti usia senja bagi para pesepakbola. Prediksi ini pun diperkuat dengan ungkapan pelatih Zlatko Dalic yang menyiratkan bahwa Piala Dunia 2022 menjadi gelaran terakhir yang bakal diikuti Modric.

6. Olivier Giroud (Prancis)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaOlivier Giroud sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/_OlivierGiroud_)

Daftar pemain yang kemungkinan menjalani Piala Dunia terakhir kalinya semakin panjang dengan masuknya Olivier Giroud.  Penyerang AC Milan ini tercatat telah menginjakkan kaki di lapangan bersama Timnas Prancis sejak tahun 2011.

Giroud pun ikut mengantar Les Bleus menuju podium kemenangan di Piala Dunia 2018 Rusia. Menariknya lagi, eks penggawa Arsenal dan Chelsea itu juga sempat menghadiahkan gelar UEFA Nations League 2021.

Meski begitu, usia Giroud kini sudah menginjak 36 tahun. Melihat hal itu, dia nampaknya bakal sulit bersaing lagi di ajang serupa empat tahun mendatang. Selain kemampuan yang terus digerus usia, Les Blues juga acap melahirkan pemain muda berbakat yang bisa jadi andalan baru.

7. Sergio Busquets (Spanyol)

7 Pemain yang Kemungkinan Tampil di Piala Dunia untuk Terakhir KalinyaSergio Busquets sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/5sergiob)

Di usianya yang ke 34 tahun, Sergio Busquets kemungkinan bakal jadi pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali. Pemain berusia 34 tahun ini kini masih jadi andalan Timnas Spanyol di bawah komando Luis Enrique.

Sejak debut di tahun 2009, Busquets telah menorehkan 139 caps. Kerennya lagi, Busquets turut andil dalam mempersembahkan trofi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Itulah tujuh pemain yang diperkirakan bakal tampil di Piala Dunia untuk terakhir kalinya. Perkiraan absennya sejumlah pemain timnas ini pun mencakup nama-nama top, mulai dari Cristiano Ronaldo hingga Sergio Busquets.

Baca Juga: 8 Stadion Berlangsungnya Piala Dunia 2022 Qatar, Megah Menawan!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya