Dorna Sports Berikan Konsesi untuk Honda dan Yamaha

Demi lebih kompetitif

Jakarta, IDN Times - Honda dan Yamaha kini bisa tersenyum lebar. Kedua pabrikan asal Jepang itu bisa mengambil keuntungan dari konsesi yang pernah dinikmati oleh pabrikan lain pada masa lalu.

Sebab, Direktur Olahraga MotoGP, Carlos Ezpeleta sudah memberikan lampu hijau terkait hal tersebut. Kiat ini dilakukan untuk membantu Honda dan Yamaha bisa lebih bersaing dengan pabrikan Eropa.

"Kami bekerja untuk membantu, tidak hanya Honda, tetapi juga Yamaha, pabrikan Jepang lainnya, sehingga mereka dapat menjadi kompetitif lagi dengan lebih cepat," kata Ezpeleta melansir GP One.

1. Alasan Dorna beri konsesi

Dorna Sports Berikan Konsesi untuk Honda dan YamahaMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (motogp.com)

Ada alasan Dorna ingin mengupayakan konsesi untuk Honda dan Yamaha. Kala itu, mereka mendukung Ducati, Aprilia, KTM dan Suzuki untuk mendapat hak serupa pada masa lalu.

"Honda dan Yamaha sangat perhatian dengan aturan konsesi di masa lalu. Itu sangat berarti buat Ducati, KTM dan Aprilia untuk menjadi kompetitif lagi," ujar Ezpeleta.

Baca Juga: Dorna: Saya Tak Suka Lorenzo dan Marquez Tak Saling Bicara

2. Apa itu konsesi?

Dorna Sports Berikan Konsesi untuk Honda dan YamahaFrancesco Bagnaia menyalip Brad Binder saat main race GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Hak konsesi ini akan memberikan beberapa keuntungan. Tentu saja keuntungan ini berupa hal teknis, khususnya dalam pengembangan motor.

Pabrikan yang mendapat konsesi bakal mendapat jumlah tes dan jatah mesin lebih banyak.

3. Performa Honda dan Yamaha merosot

Dorna Sports Berikan Konsesi untuk Honda dan YamahaFabio Quartararo di GP Amerika 2022 (motogp.com)

Konsesi ini diharapkan bisa membantu Honda dan Yamaha dalam meningkatkan performanya. Maklum, performa mereka anjlok di MotoGP musim ini.

Honda dan Yamaha sedang terjebak di urutan terbawah dalam klasemen konstruktor. Masing-masing hanya satu kali naik podium dari delapan putaran pertama MotoGP 2023.

Baca Juga: Rekap Lengkap 7 Klasemen Sementara Kelas MotoGP 2023, Siapa Teratas?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya