Eks Bek Timnas Indonesia Sindir Kinerja Exco PSSI

Keberhasilan PSSI bukan dari Ketua Umum

Jakarta, IDN Times - Kapten FC Bekasi City, Hamka Hamzah, menyebut keberhasilan fedarasi bukan dari siapa yang menduduki kursi Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketua Umum PSSI. Menurut Hamka, jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI adalah pihak yang menentukan keberhasilan kinerja organisasi.

"Sebenarnya, siapa pun ketua umumnya, walaupun latar belakangnya bukan sepak bola, ya tidak masalah. Yang penting, komite-komitenya," kata Hamka Hamzah di sela-sela diskusi Kaukus Sepak Bola Nasional Nyalakan Nyali Membangun PSSI, di Jakarta, Senin (13/2/2023).

1. Punya dampak besar, Exco harus paham sepak bola

Eks Bek Timnas Indonesia Sindir Kinerja Exco PSSILogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Hamka tak menampik, mau melihat kursi PSSI 1 diduduki sosok yang kompeten. Hanya saja, dia lebih menginginkan kursi Exco PSSI diisi orang-orang yang paham betul dengan sepak bola.

Maka dari itu, Hamka meminta kepada voters untuk memilih kandidat yang benar-benar serius membangun sepak bola Indonesia di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 mendatang.

"Jangan sampai salah mencari staf. Jangan sampai stafnya tidak tahu sepak bola juga, mau dibawa ke mana nanti sepak bola Indonesia? Mudah-mudahan, voters yang memiliki hak suara, tentunya harus melihat dulu visi dan misi dari calon-calon yang akan mengurus PSSI nantinya" kata Hamka.

Baca Juga: Erick Thohir Temui Suporter di Bali Jelang KLB PSSI

2. Exco harus proaktif

Eks Bek Timnas Indonesia Sindir Kinerja Exco PSSIRapat Komite Eksekutif PSSI yang digelar di Kantor PSSI, Kamis (12/1/2023), hentikan kompetisi LIga 2 dan 3.(pssi.org)

Eks bek Timnas Indonesia itu juga menginginkan Exco PSSI bisa lebih vokal dalam meningkatkan kualitas sepak bola. Sebab, dari sebelum-sebelumnya, Hamka menilai Exco PSSI tampak kurang peduli dengan sepak bola nasional.

"Banyak juga senior-senior yang sudah masuk (PSSI), tapi yang saya sesalkan, hanya diam di dalam. Tidak memberikan masukan sepak bola harus seperti ini dan itu," ujar Hamka

Baca Juga: Penghentian Liga 3, Asprov PSSI DIY Sebut PSSI Tak Bertanggung Jawab 

3. Harapan Hamka Hamzah untuk kepengurusan PSSI yang baru

Eks Bek Timnas Indonesia Sindir Kinerja Exco PSSIBek FC Bekasi City, Hamka Hamzah. (IDN Times/Tino).

Eks bek Arema FC itu juga punya harapan besar kepada kepengurusan PSSI yang baru nanti. Dia ingin sepak bola Indonesia menjadi industri, yang lebih besar.

"Sepak bola harus jadi industri. Kalau sudah jadi industri, banyak (investor) yang mau masuk. Tapi, harus dibenahi dulu," kata Hamka.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya