Erick Thohir Antar Presiden FIFA Bersua Jokowi, Ini Alasannya! 

Harapkan perubahan sepak bola Indonesia secara menyeluruh

Jakarta, IDN Times - Presiden FIFA, Gianni Infantino, baru saja bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (18/10/2022) siang WIB. Menurut Menteri BUMN, Erick Thohir, itu merupakan pertemuan bersejarah.

Erick berharap pertemuan itu bisa memberikan dampak besar bagi sepak bola di Indonesia. Sebab, FIFA akan mendampingi untuk memperbaiki sepak bola nasional secara menyeluruh usai tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu.

"Mari kita sama-sama berharap, pertemuan bersejarah tersebut akan membawa perbaikan menyeluruh bagi sepak bola nasional," kata Erick dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (18/10/2022).

1. FIFA fokus bantu transformasi sepak bola Indonesia

Erick Thohir Antar Presiden FIFA Bersua Jokowi, Ini Alasannya! Menteri BUMN, Erick Thohir saat menjemput Presiden FIFA, Gianni Infantino, Selasa (18/10/2022). (Instagram/@erickthohir).

Erick menjelaskan, fokus pertemuan Jokowi dengan Infantino itu untuk membahas transformasi sepak bola. Namun, dia tidak mengetahui lebih spesifik apa yang telah dibicarakan mereka setelah berbincang lebih dari satu jam tersebut.

"Namun, jika mengacu dari surat Presiden Jokowi ke FIFA yang saya antar langsung ke Gianni, lalu respons FIFA atas peristiwa di Kanjuruhan, serta keterangan pers setelah keduanya bertemu, yang pasti upaya FIFA untuk mendukung transformasi sepak bola di Indonesia menjadi topik utama," ujar Erick.

Baca Juga: Jokowi Tak Bahas Investigasi TGIPF Kanjuruhan dengan Presiden FIFA

2. Erick diminta langsung Jokowi untuk antar Infantino ke Istana Merdeka

Erick Thohir Antar Presiden FIFA Bersua Jokowi, Ini Alasannya! Menteri BUMN, Erick Thohir, saat berbincang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Instagram/@erickthohir).

Menteri yang pernah menjabat sebagai Presiden Inter Milan itu juga mengaku, langsung ditugaskan Jokowi untuk mengantar Infantino ke Istana Merdeka. Tak sampai di situ, Erick juga mengantar Infantino ke penginapan usai menerima jamuan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Semalam, saya diminta Presiden Joko Widodo untuk menjemput Gianni Ifantino, dan mengantarkan ke Istana untuk kemudian bertemu empat mata dengan Bapak Presiden. Setelah itu, saya mengantarkan Gianni ke hotel tempatnya menginap," kata Erick.

3. Infantino langsung menuju markas PSSI

Erick Thohir Antar Presiden FIFA Bersua Jokowi, Ini Alasannya! Presiden FIFA, Gianni Infantino datangi di kantor PSSI pada Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Setelah bertemu Jokowi, Infantino langsung menyambangi markas PSSI yang berada di GBK Arena, Jakarta Pusat, sore WIB. Turut juga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beserta jajaran pengurus PSSI menyambut orang tertinggi di FIFA tersebut.

Kehadiran Presiden FIFA di Indonesia ini dalam rangka membahas transformasi dan reformasi sepak bola Indonesia, bersama pemerintah dan PSSI. Mereka juga membahas tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: Sempat Menghilang, Iwan Bule Temani Presiden FIFA ke Kantor PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya