Jadi Trofi Individu Pemain Bola, Segini Harga Piala Ballon d'Or 

Ada yang penasaran harga trofi Ballon d'Or?

Jakarta, IDN Times - Trofi Ballon d'Or yang dianugerahkan France Football setiap tahun ternyata punya nilai yang fantastis. Piala ini dibalut dengan material ciamik yang menghadirkan kemewahan di setiap sisinya.

Lionel Messi menjadi peraih Ballon d'Or edisi 2023, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. Keberhasilan ini membuat La Pulga menggenapkan koleksi Ballon d'Or miliknya menjadi delapan buah.

Dinilai sebagai trofi individu paling bergengsi, seberapa mahal nominal yang harus dirogoh France Football untuk membuat sebuah Ballon d'Or?

Berikut ulasan IDN Times! 

Baca Juga: Lionel Messi Juara Ballon d'Or 2023, Cetak Rekor

1. Diperkirakan senilai 5.000 dolar

Jadi Trofi Individu Pemain Bola, Segini Harga Piala Ballon d'Or Trofi Ballon d'Or (skysports.com)

Dilansir dari Goal International, trofi yang berbentuk bola emas itu diperkirakan bernilai 3.000 euro atau setara Rp50,3 juta. Namun, itu hanya perkiraan harga bakunya saja.

Nilai trofi Ballon d'Or setelah terbentuk sempurna diprediksi memiliki harga yang lebih tinggi, yakni bisa mencapai lebih dari 5.000 euro (Rp84 juta).

Baca Juga: Daftar Lengkap Peraih Ballon d'Or 2023, Lionel Messi Juara

2. Spesifikasi trofi Ballon d'Or

Jadi Trofi Individu Pemain Bola, Segini Harga Piala Ballon d'Or Trofi Ballon d'Or (fifamuseum.com)

Trofi berbentuk bola yang berlapis emas itu memiliki bobot di atas 7 kilogram. Tinggi trofi ini sekitar 31 centimeter dengan diameter 23 centimeter.

Sejak pertama kali digelar pada 1956 silam, trofi Ballon d'Or sempat mengalami perubahan bentuk pada 1983. Perubahan itu terlihat dari ukuran yang tampak lebih kecil.

Ballon d'Or memang memiliki kilauan emas 18 karat yang menyilaukan mata. Namun, material trofi ini ternyata tak sepenuhnya dilapisi emas 100 persen.

Baca Juga: Lionel Messi Diuntungkan Penilaian Baru Ballon d'Or 2023

3. Pemenang tidak dapat uang dan trofi asli

Jadi Trofi Individu Pemain Bola, Segini Harga Piala Ballon d'Or Lionel Messi bersama trofi Ballon d'Or ke-8 miliknya. (Twitter/@ballondor).

Trofi asli dari Ballon d'Or pun tak diberikan kepada pemenang penghargaan. Seperti yang dibawa pulang Messi pada dini hari tadi hanya trofi replika.

Pemenang Ballon d'Or murni hanya mendapat trofi replika dan bonus uang dari klub (jika ada klausul dalam kontrak) dan apabila perjanjian dengan sponsor.

Baca Juga: Messi Unggul Jauh Atas Ronaldo soal Ballon d'Or

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya