Jempol Erick Thohir Buat Asiana Cup 2023, Panggung Internasional!

Wadah talenta muda buat pamer kualitas

Jakarta, IDN Times - Gong Asiana Cup 2023 resmi dibunyikan lewat upacara pembukaan yang turut dihadiri Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (26/10/2023). Keduanya memberikan jempol untuk ajang internasional ini.

Sebab, Asiana Cup 2023 menjadi panggung talenta muda U-12 dan U-14 untuk pamer kualitas. Total 16 tim dari sembilan negara akan memeriahkan turnamen internasional yang digelar pada 26-29 Oktober 2023 ini.

"Kita tahu dalam membangun sebuah tim yang baik dan kuat tidak mungkin kita bangun dari atas saja tapi bagaimana U-12 dan U-14 itu menjadi penting. Saya mengapresiasi peran Asiana yang sudah bertahun-tahun punya komitmen itu," kata Erick.

1. Banyak tim elite dari Eropa hingga Asia Tenggara

Jempol Erick Thohir Buat Asiana Cup 2023, Panggung Internasional!Peresmian Asiana Cup 2023, di SUGBK Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Tino)

Presiden Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita, menyatakan jika turnamen ini diikuti sejumlah tim elite dari Eropa, hingga Asia Tenggara. Salah satunya, tim muda RCD Espanyol yang kembali ikut serta.

Pada edisi sebelumnya, yakni Asiana Cup 2022, RCD Espanyol keluar sebagai kampiun. Dia menjadi juara bertahan di nomor U-12.

"Tahun ini ada banyak tim elite ada dari Spanyol, Jepang, Malaysia, Vietnam, Thailand, Australia," kata Galih.

Baca Juga: Waketum PSSI Apresiasi Mandiri Media Cup 2023, Rebutkan Piala Menpora

2. Asiana Cup punya komitmen tinggi

Jempol Erick Thohir Buat Asiana Cup 2023, Panggung Internasional!Asiana Cup 2023 resmi bergulir. (IDN Times/Tino).

Lewat turnamen ini, Asiana Soccer School ingin berkontribusi dalam meningkatkan, serta memperkuat akar rumput sepak bola di tanah air. Pembinaan usia dini begitu penting karena menentukan nasib sepak bola Indonesia di masa depan.

"Asiana Cup International ini acara tahunan, jadi kita undang tim-tim elite untuk datang ke Indonesia. Tujuannya adalah bukan hanya kemenangan tapi lebih ke development," ujar Galih.

3. Digelar di mana?

Jempol Erick Thohir Buat Asiana Cup 2023, Panggung Internasional!Asiana Cup 2023 resmi bergulir. (IDN Times/Tino).

Pencinta sepak bola bisa menyaksikan secara langsung turnamen ini mulai 26 hingga 29 Oktober 2023. Sadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Lapangan Rugby GBK dan Lapangan Panahan GBK menjadi arena tempurnya.

"Tahun ini venuenya di GBK, lapangan rugby, lapangan panahan (dipakai tim U-12 A dan B). Lalu untuk U-14 main di GBK dan rugby," kata Presiden Asiana Soccer School tersebut.

Baca Juga: ASC Cup 2023 Sukses Dihelat, Sasar Talenta Muda Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya