Kekhawatiran Shin Tae Yong Jelang Piala AFF 2022

Pasukan Garuda kehilangan intensitas kompetisi

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, ternyata memiliki keluhan menjelang jelang Piala AFF 2022. Kondisi Pasukan Garuda diakui kurang optimal, jelang menghadapi Kamboja dalam laga perdana Jumat (23/12/2022) mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Yang buat Shin khawatir, sebagian besar anak-anak asuhnya bakal berkiprah tanpa modal intensitas kompetisi. Hal tersebut dikarenakan Liga 1 musim 2022/23 yang sempat berhenti selama dua bulan imbas Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam.

"Untuk pertandingan pertama, menurut saya bisa menjadi sulit bagi kami. Karena setelah Tragedi Kanjuruhan, memang tidak ada kompetisi sama sekali," kata Shin dalam sela-sela latihan di Stadion Utama GBK, Selasa (20/12/2022).

1. Performa Timnas Indonesia menurun

Kekhawatiran Shin Tae Yong Jelang Piala AFF 2022Timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Hilangnya intensitas kompetisi, diakui Shin, memengaruhi performa Marc Klok dan kawan-kawannya. Shin tak mengelak performa anak-anak asuhnya mengalami penurunan.

Namun, karena telah melakoni pemusatan latihan (TC) selama hampir empat pekan, arsitek asal Korea Selatan itu bisa menatap Piala AFF 2022 lebih optimistis. Fisik Pasukan Garuda telah mengalami peningkatan.

"Pastinya performa menurun. Tapi, menurut saya, fisik sudah meningkat. Kalau bisa terapkan hasil latihan dalam pertandingan, masalah bisa teratasi," ujar Shin.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

2. Tidak ada uji coba

Kekhawatiran Shin Tae Yong Jelang Piala AFF 2022IDN Times/Debbie Sutrisno

Tidak adanya uji coba dalam TC juga menjadi salah satu kekhawatiran Shin. Hal tersebut membuat pelatih 52 tahun itu tak bisa menjajal seberapa efektif taktik yang telah dipersiapkan untuk menghadapi Kamboja.

"Nanti akan menjadi laga sulit, apalagi kami tidak ada uji coba," ujar Shin.

3. Timnas Indonesia siap berikan yang terbaik

Kekhawatiran Shin Tae Yong Jelang Piala AFF 2022Pemain Timnas di Piala AFF 2020 (instagram.com/syahrian.abimanyu)

Di luar dari kekhawatiran itu, Shin menegaskan Timnas siap memberikan segalanya di Piala AFF 2022. Dia juga berjanji untuk mempersiapkan tim sebaik mungkin.

"Pastinya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan kondisi pemain tetap baik," kata Shin.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF: Tanpa Elkan dan Walsh

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya