Liga 1 Tanpa Degradasi, Kapten Persija: Geregetnya Sudah Hilang 

Tidak degradasi menghilangkan gairah kompetisi

Jakarta, IDN Times - Kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, tak mengelak bahwa gereget Liga 1 musim 2022/23 sudah tak terasa lagi. Itu imbas dari kompetisi yang sudah dipastikan tanpa degradasi pada akhir musim nanti.

"Gregetnya sudah hilang. Di liga seharusnya ada juara dan ada yang degradasi," kata Andritany di Kantor Kemenpora RI, Senin (16/1/2023).

1. Pemain dikhawatirkan kurang tampil maksimal

Liga 1 Tanpa Degradasi, Kapten Persija: Geregetnya Sudah Hilang Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa (IDN Times/Herka Yanis)

PSSI sebelumnya telah mengumumkan bahwa tidak ada klub Liga 1 yang bakal turun kasta di musim ini. Sebab, Liga 2 dan Liga 3 diberhetikan karena PT Liga Indonesia Baru tak memiliki dana untuk melanjutkan kompetisi secara bubble.

Andritany menyesalkan hal tersebut. Menurutnya, pemain Liga 1 dikhawatirkan bisa tidak tampil maksimal karena tidak adanya degradasi.

"Di Liga 1, idelanya pemain berlaga untuk membawa timnya juara atau terhindar dari degradasi. Sementara, di Liga 2 pemain harus membantu tim promosi ke Liga 1 atau keluar dari zona merah. Begitu seterusnya," kata Andritany.

Baca Juga: PSSI Pastikan Liga 1 Berlanjut Tanpa Degradasi 

2. Demi nasib pemain, Liga 2 dan Liga 3 harus dilanjutkan

Liga 1 Tanpa Degradasi, Kapten Persija: Geregetnya Sudah Hilang Logo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Eks kiper Timnas Indonesia itu memang berharap besar agar Liga 2 dan Liga 3 dilanjutkan. Tanpa kompetisi, pelatih hingga pemain akan kehilangan pendapatan karena klub tak punya pemasukan.

"Mereka kehilangan jam terbang di lapangan dan pastinya ini pekerjaan yang mereka cintai. Perkejaan yang mereka idam-idamkan sejak kecil," ujarnya.

3. Andritany masih optimistis Liga 2 dan Liga 3 bisa dilanjutkan

Liga 1 Tanpa Degradasi, Kapten Persija: Geregetnya Sudah Hilang Nusantara United FC kecewa dengan keputusan PT LIB menghentikan kompetisi Liga 2. (dok. NUFC)

Andritany pun masih tetap optimistis bahwa Liga 2 dan Liga 3 bisa kembali dijalankan. Sebab, selaku Presiden Asosiasi Pesepak Bol Profesional Indonesia (APPI), Andritany bersama perwakilan klub Liga 2 lainnya sudah meminta bantuan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

"Kita sudah bertemu menpora dan LIB, saya masih optimis Liga 2 dan Liga 3 akan kembali berjalan," ujar Andritany.

Baca Juga: PSSI Resmi Hentikan Liga 2 dan Liga 3!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya