Luis Rubiales Ogah Tinggalkan Jabatan Meski Didesak Mundur

Didesak mundur setelah terbelit skandal

Jakarta, IDN Times - Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, didesak mundur dari jabatannya. Desakan itu muncul setelah Rubiales melakukan pelecehan kepada pemain timnas wanita Spanyol.

Rubiales dikecam setelah mencium bibir JH dalam prosesi pengalungan medali usai juara Piala Dunia Wanita 2023. Melansir Football Espana, pria 45 tahun itu bersikeras untuk mempertahankan jabatannya meski didesak mundur berbagai pihak.

1. Perkataan maaf Rubiales belum cukup

Luis Rubiales Ogah Tinggalkan Jabatan Meski Didesak Mundurmundodeportivo.com

Rubiales sebenarnya sudah mengaku khilaf dan melayangkan permintaan maaf atas skandal yang membuat gaduh publik Negeri Matador.

Namun, permintaan maaf itu justru mendapat kritik pedas dari Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. Itu karena kata-kata Rubiales tidak cukup setelah mencoreng Spanyol di mata dunia.

"Permintaan maaf itu tidak cukup. Dia harus mengambil langkah untuk mengklarifikasi perilaku yang jelas tidak dapat diterima itu," ujar Sanchez dikutip dari Skysports.

Baca Juga: Pemerintah Spanyol Kutuk Aksi Presiden RFEF di Piala Dunia Wanita 2023

2. Megan Rapinoe juga kecam aksi Rubiales

Luis Rubiales Ogah Tinggalkan Jabatan Meski Didesak MundurMegan Rapinoe (nypost.com)

Kecaman lain datang dari bintang Timnas Wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe. Pemilik satu Ballon d'Or Feminin itu murka melihat rekan seprofesinya dilecehkan.

"Di atas panggung mewah, tempat seharusnya kami melakukan selebrasi, dia malah mendapat pelecehan oleh orang ini (Rubiales)," kata Rapinoe.

3. Rubiales siapkan cara buat amankan jabatannya

Luis Rubiales Ogah Tinggalkan Jabatan Meski Didesak Mundurtwitter.com/rfef

Rubiales terancam mendapat sanksi dari Dewan Olahraga Spanyol (CSD). Namun, dalam laporan mereka, Rubiales dikhawatirkan bisa bernegosiasi dengan CSD untuk menangguhkan hukumannya.

"Jelas ini merupakan tindakan kotor jika Rubiales dibiarkan menegosiasikan hukuman sesuai kemauannya sendiri setelah melakukan pelecehan seksual," tulis laporan Football Espana.

Baca Juga: Kisah Pilu Kapten Spanyol, Tahu Ayah Wafat Usai Piala Dunia Wanita

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya