Luis Rubiales Resmi Mundur dari Kursi Presiden RFEF

Buntut skandal cium pemain Timnas Wanita Spanyol

Jakarta, IDN Times - Luis Rubiales akhirnya resmi mundur dari kursi presiden federasi sepak bola Spanyol (RFEF), Senin (11/9/2023). Rubiales mundur setelah dibelit skandal pelecehan seksual terhadap pemain Timnas Wanita Spanyol.

Pengunduran Rubiales diumumkan langsung RFEF. Dalam pernyataannya, pria 45 tahun itu juga mundur dari kurai Wakil Presiden UEFA.

"RFEF mengonfirmasi bahwa Luis Rubiales telah mengajukan pengunduran diri. Selain itu, ia juga mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Presiden UEFA," bunyi pernyataan RFEF.

Baca Juga: Luis Rubiales Mundur dari RFEF Buntut Skandal Cium Pemain

1. Sempat ogah mundur

Luis Rubiales Resmi Mundur dari Kursi Presiden RFEFmundodeportivo.com

Rubiales dikecam banyak pihak setelah mencium bibir JH dalam prosesi pengalungan medali usai juara Piala Dunia Wanita 2023. Dilansir Football Espana, pria 45 tahun itu sempat bersikeras untuk mempertahankan jabatannya.

Kecaman itu datang dari bintang Timnas Wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe hingga Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. Itu karena permintaan maaf Rubiales tidak cukup usai mencoreng nama nama Negeri Matador.

Baca Juga: Luis Rubiales Ogah Tinggalkan Jabatan Meski Didesak Mundur

2. Lanjut ke pengadilan

Luis Rubiales Resmi Mundur dari Kursi Presiden RFEFIlustrasi pengadilan. (IDN Times/Sukma Shakti)

Dilansir dari ESPN, selaku korban, JH sudah membawa kasus ini ke jalur hukum. JH melaporkan Rubiales dengan tuduhan pelecehan seksual dan pemaksaan.

JH melaporkan kasus ini karena merasa dirugikan. Pun, ciuman yang dilakukan Rubiales itu tanpa persetujuannya.

3. FIFA sudah beri hukuman

Luis Rubiales Resmi Mundur dari Kursi Presiden RFEFpotret kantor FIFA (twitter.com/fifamedia)

Sebelumnya, FIFA sudah lebih dulu menjatuhkan hukuman kepada Rubiales. Hukuman itu berupa skors dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola.

Atas kasus ini, Rubiales sudah mengaku khilaf. Dia melayangkan permintaan maaf atas skandal yang membuat gaduh publik Spanyol.

Baca Juga: 5 Bintang Sepak Bola Spanyol Turut Mengecam Aksi Presiden Rubiales

Topik:

  • Anata Siregar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya