Persija Terancam Tak Bisa Lawan Persib di SUGBK, Mau Ubah Jadwal?

Memangnya boleh?

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta terancam terusir dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam sejumlah laga big match. Demi mengakali itu, manajemen Macan Kemayoran berencana untuk meminta pergeseran jadwal.

Hal itu dibocorkan Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif. Dia mengaku telah bertemu dengan Presiden Persija, Mohamad Prapanca, dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, untuk membahas jadwal penggunaan SUGBK.

Sebab, ada beberapa momen SUGBK tidak bisa digunakan sebagai kandang Persija. Seperti saat FIBA World Cup pada 25 Agustus sampai 3 September dan KTT ASEAN 2023 di Jakarta, yang jatuh pada 5-7 September.

"Kemarin sudah bertemu sama mas Panca dan Dirut LIB. Kami sampaikan memang GBK ini ada acara yang sudah direncanakan jauh-jauh hari," kata Rakhmadi kepada awak media.

1. Persija terancam gagal jamu Persib di SUGBK

Persija Terancam Tak Bisa Lawan Persib di SUGBK, Mau Ubah Jadwal?Persib vs Persija di ajang Liga 1 2022/23. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Dalam pertemuan tersebut, Rakhmadi memaparkan jadwal SUGBK yang tak bisa digunakan menjadi kandang Persija. Salah satunya adalah saat menghadapi Persib Bandung pada 2 September 2023 mendatang.

Karena itu, Persija berencana mengubah sejumlah jadwal partai besar yang berbenturan dengan ketersediaan SUGBK.

"Big match-nya mau diubah sama Persija. Jadwal untuk Persija sudah kami sampaikan. Ada kegiatan lain seperti pemilu sampai Februari, tapi mungkin ada juga kegiatan lainnya," kata Rakhmadi.

Baca Juga: Persija Resmi Ngungsi ke Patriot saat Jamu Bhayangkara FC

2. Memangnya bisa geser jadwal?

Persija Terancam Tak Bisa Lawan Persib di SUGBK, Mau Ubah Jadwal?Potret Thomas Doll memberikan instruksi kepada pemain Persija saat menghadapi Persikabo, di Stadion Pakansari, Minggu (9/7/2023). (Dok. Persija).

Hal tersebut tentu saja menyalahi regulasi. Sebab, Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, menegaskan klub tidak bisa mengubah jadwal seperti itu.

Persija harus menggunakan venue alternatif yang sudah didaftarkan, yakni Stadion Patriot Candrabhaga. Pun, andai Patriot tidak bisa digunakan, Macan Kemayoran harus mencari alternatif lainnya.

"Prinsipnya, kami sepakat semua jadwal yang sudah dirilis tidak mengalami perubahan lagi. Perubahan jadwal tidak bisa. Tapi, kalau venue kan ada pendaftaran stadion alternatif lain. Kalau keduanya tidak bisa, harus mencari opsi stadion lain untuk tetap digelar sesuai waktunya," kata Asep kepada IDN Times.

3. Perubahan jadwal sudah kejadian di pekan pertama

Persija Terancam Tak Bisa Lawan Persib di SUGBK, Mau Ubah Jadwal?Logo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Hanya saja, pernyataan PT LIB tidak sesuai fakta di lapangan, karena perubahan jadwal sempat terjadi pada pekan pertama Liga 1 2023/24. Duel Persija kontra PSM Makassar yang seharusnya digelar pada 2 Juli 2023 di SUGBK harus mundur sehari.

PT LIB dan Persija tak menjelaskan urgensinya dalam menggeser jadwal tersebut. Namun, besar kemungkinan, SUGBK belum sepenuhnya siap lantaran menjadi venue HUT Bhayangkara sehari sebelum laga.

Baca Juga: Jakmania Datang saat Persija Tandang ke Markas Persikabo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya