Piala Dunia 2030 Resmi Digelar di 3 Benua, Sejarah Baru!

Melibatkan enam negara dari tiga benua

Jakarta, IDN Times - Ada sejarah baru yang bakal terukir di Piala Dunia 2030. FIFA resmi menggelar ajang paling bergengsi itu di tiga benua, yakni Eropa, Afrika dan Amerika.

Keputusan itu disepakati dalam Kongres FIFA yang digelar di Swiss, Rabu (4/10/2023) waktu setempat. Maroko, Spanyol dan Portugal ditunjuk sebagai tuan rumah bersama.

"Dewan FIFA juga sepakat dengan suara bulat bahwa satu-satunya tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030 akan menjadi tawaran bersama Maroko, Portugal dan Spanyol," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam pernyataan resminya.

1. Pertandingan pembuka justru di Benua Amerika

Piala Dunia 2030 Resmi Digelar di 3 Benua, Sejarah Baru!bbc.com

Hal unik lainnya adalah pertandingan pembuka Piala Dunia 2030 akan digelar di Benua Amerika. FIFA mau menyelenggarakan peringatan Piala Dunia yang genap berusia 100 tahun.

Lokasi pertandingan yang ditunjuk FIFA adalah Stadion Centenario yang terletak di ibu kota Uruguay, Montevideo. Sebab, stadion tersebut merupakan panggung pertama digelarnya Piala Dunia.

"Laga pertama Piala Dunia 2030 akan digelar di tempat yang memulai segalanya (Piala Dunia), yaitu Stadion Centerio," ujar Infantino.

Baca Juga: Tur Trofi Piala Dunia U-17 2023 Digelar di 4 Kota Tuan Rumah

2. Gelar tiga laga awal di tiga negara

Piala Dunia 2030 Resmi Digelar di 3 Benua, Sejarah Baru!Trofi Piala Dunia (unsplash.com/rhettlewis)

Peringatan itu membuat FIFA akan menggelar tiga pertandingan awal di Benua Amerika. Setelah pembuka di Uruguay, ada Argentina dan Paraguay ikut serta menjadi tuan rumah di dua laga selanjutnya. Ketiganya sudah dipastikan lolos otomatis ke Piala Dunia 2030.

"Di dunia yang terpecah saat ini, FIFA dan sepak bola bersatu. Uruguay, Argentina dan Paraguay masing-masing akan menggelar satu pertandingan," kata Infantino.

3. Bentuk kampanye perdamaian

Piala Dunia 2030 Resmi Digelar di 3 Benua, Sejarah Baru!Lionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Selain peringatan 100 tahun Piala Dunia, FIFA memiliki tujuan khusus dengan melibatkan enam negara dari tiga benua berbeda. Yakni mengkampanyekan perdamaian.

"Sungguh pesan yang luar biasa tentang kedamaian, toleransi dan inklusi," kata Infantino.

Baca Juga: FIFA Semringah Indonesia Punya Whoosh sebelum Piala Dunia U-17

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya