Profil Marselino Ferdinan, Aset Penting Timnas Indonesia 

Marselino tampil apik sepanjang SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Gelandang Timnas U-22 Indonesia, Marselino Ferdinan, menjadi salah satu sosok penting atas keberhasilan di SEA Games 2023. Dia membantu skuad Garuda Muda, mengakhiri dahaga emas selama 32 tahun.

Ya, Timnas U-22 baru saja menyabet medali emas usai mempermalukan Thailand dalam laga final, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Tim besutan Indra Sjafri berhasil menang telak 5-2 dalam duel yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Marselino memang tak mencetak gol dalam laga tersebut. Namun, pada laga itu, bahkan sepanjang SEA Games 2023, performa dan kontribusinya di atas lapangan terbilang luar biasa.

1. Marselino sang penyihir di lini tengah

Profil Marselino Ferdinan, Aset Penting Timnas Indonesia Potret latihan Timnas Indonesia U-22 di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Kamboja. (dok. PSSI)

Kegemilangan Marselino sudah terlihat sejak awal petualangan Timnas U-22 di babak penyisihan grup. Dalam dua laga perdananya, gelandang 18 tahun itu sukses mencetak gol pembuka.

Tepatnya saat menggilas Filipina 3-0, dan mencukur Myanmar 5-0. Marselino menjadi pembuka keran gol dalam kedua laga tersebut.

Marselino memang menjadi salah satu pemain paling muda di Timnas U-22. Namun, kematangan, kreativitas dan mental bermainnya berhasil membuat lawan repot.

Seperti saat menghadapi Vietnam di semifinal dan Thailand di partai puncak. Kehadirannya mampu menghasilkan sejumlah peluang, yang berujung gol untuk Garuda Muda.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-22 dalam Angka

2. Pemain yang paling sibuk di Timnas

Profil Marselino Ferdinan, Aset Penting Timnas Indonesia Selebrasi Marselino Ferdinan saat membobol gawang Filipina, Senin (2/1/2023). (Twitter/@PSSI).

Kualitasnya sudah teruji. Marselino menjadi pemain yang paling sibuk di berbagai kategori timnas. Dia membela Timnas U-20, U-22 dan senior.

Bukan hanya sebagai pelengkap. Marselino memiliki peran penting di dalamnya. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong pun kerap memainkannya sebagai starter.

3. Tengah berkarier di Eropa

Profil Marselino Ferdinan, Aset Penting Timnas Indonesia Marselino Ferdinan mencetak gol debut untuk KMSK Deinze (instagram.com/kmskdeinze)

Marselino mengawali karier sepak bolanya di Persebaya Surabaya. Dia merupakan jebolan akademi Persebaya, sebelum akhirnya menjadi bintang di skuad utama Bajul Ijo.

Kini, Marselino sedang meningkatkan kualitasnya di Eropa, bersama klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze. Dia bertolak ke Belgia pada Januari 2023 lalu.

Namun, sebelum ke Deinze, sebenarnya ada raksasa Belanda yang tertarik dengannya. Yakni kampiun Eredevisie musim ini, Feyenoord.

Baca Juga: Perjalanan Timnas U-22 Raih Emas SEA Games 2023: Tak Pernah Kalah!  

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya