PSSI Belum Bisa Kasih Kepastian soal FIFA Matchday

FIFA Matchday berlangsung pada 20-28 Maret 2023 mendatang

Jakarta, IDN Times - FIFA Matchday akan berlangsung pada 20-28 Maret 2023 mendatang. Namun, PSSI belum bisa memastikan soal lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia.

Pasukan Garuda sebelumnya memang digadang-gadang akan menghadapi Bolivia atau Tajikistan. Hanya saja, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri belum bisa memberikan jawaban pasti.

"Nanti saya coba cek ulang ke hubungan internasional, bagaimana komunikasi terakhirnya," kata Indra ketika ditemui selepas memimpin latihan Timnas Indonesia U-22, Kamis (2/3/2023).

1. Tunggu koordinasi dari Badan Tim Nasional

PSSI Belum Bisa Kasih Kepastian soal FIFA MatchdayKetua Umum PSSI, Erick Thohir, saat berbicara soal pembentukan komite Adhoc Suporter untuk meminimalkan kerusuhan suporter di lapangan. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Disebut Indra, keikutsertaan Timnas Indonesia di FIFA Matchday diurus Badan Tim Nasional (BTN). Namun, BTN tetap akan berkoordinasi dengan Departemen Teknik.

Hanya saja, BTN belum berjalan maksimal. Secara, PSSI belum menunjuk sosok untuk menduduki kursi Ketua BTN.

"Sekarang sudah ada badan timnas yang benar-benar mengurus semua sektor tim nasional. Tapi tetap ada koordinasi ke departemen teknik. Kalau soal itu coba tanya ke (Sekjen) PSSI kapan pengumuman penunjukkan Ketua BTN," ujar Indra.

Baca Juga: Dear Erick Thohir, Masih Ada Nama-Nama Lama di PSSI, Lho!

2. Diusahakan digelar di Indonesia

PSSI Belum Bisa Kasih Kepastian soal FIFA MatchdayAksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Indra juga sempat menyebut bahwa PSSI akan berupaya untuk menggelar kedua laga tersebut di Indonesia. Kendati demikian, Indra tak menampik bahwa Pasukan Garuda berpotensi melakoni laga tandang di FIFA Matchday.

"Kami berusaha (main) di Indonesia. Kami ingin memberikan hiburan (untuk masyarakat Indonesia). Dan tidak menutup kemungkinan juga kalau memang ada lawan yang mengajak kita main di luar. Tapi, untuk kali ini, kita bermain di dalam negeri," ujar Indra beberapa waktu lalu.

3. Kesempatan Sandy Walsh dan Shayne Pattynama buat debut

PSSI Belum Bisa Kasih Kepastian soal FIFA MatchdaySandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

FIFA Matchday pada Maret 2023 nanti juga menjadi ajang debut bagi Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Sandy berkesempatan membela tim Merah Putih, setelah sebelumnya tak dilepas KV Mechelen untuk tampil di Piala AFF 2022.

Sedangkan, Shayne baru saja merampungkan naturalisasinya pada Januari 2023 lalu. Karena termasuk agenda FIFA, semua klub harus melepas pemain jika ada pemanggilan tim nasional.

Baca Juga: Teknologi FIFA Bisa Bantu PSSI Sikat Mafia Bola di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya